Kendaraan Semi Otonom Dirakit di Bogor Resmi Meluncur

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 07/04/2017 16:37 WIB
Kendaraan Semi Otonom Dirakit di Bogor Resmi Meluncur Mercedes-Benz E 300 with AMG Line (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mercedes-Benz Indonesia kembali meluncurkan sedan terbarunya, hari ini Jum'at (7/4) di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Sedan kali ini merupakan model dari E-Class dan merupakan rakitan dari pabriknya di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Walau berstatus dirakit di tanah air, produsen meyakini jika E 250 Avangrade Line dan E 300 AMG Line tidak kalah dengan E-Class yang didatangkan utuh dari negara asalnya, Jerman.

"Dua produk ini tampil penuh gaya lewat desain unik dan emosional, serta interior bermutu tinggi dan eksklusif," kata Presiden dan CEO Mercedes Benz Indonesia, Roelof Lamberts.


Keduanya, oleh produsen sudah dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi terkini. Tentunya, akan memudahkan pengemudi saat dalam perjalanan serta meningtkan keamanan dan kenyamanan.

Dalam hal dimensi, menurutnya, model kali ini jelas berbeda dengan generasi sebelumnya. Panjang sumbu roda telah bertambah 65 mm, sedangkan secara keseluruhan bertambah sebanyak 43 mm.

Sementara, di bagian lebar kendaraan, ditambang menjadi 20 mm di bagian depan dan belakang sebanyak tujuh mm. Tetapi untuk ruang bagasi, kapasitas tetap dipertahankan. "Penambahan ruang kendaraan, dilakukan demi kenyamanan para penumpang," kata dia.

Kedua generasi terbaru E-Class itu sama-sama memakai mesin bensin empat slinder berkapasitas 2000 cc. Untuk E 250 Avantgarde Line dikatakan dapat mencapai kecepatan 211 hp, sementara E 300 AMG Line, 245 hp. Mesin tersebut disempurnakan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan.

Semi Autonom

Deputy Director Sales Operations and Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Kariyanto Hardjosoemarto menuturkan selain dilengkapi dengan fitur terkini dalam soal keselamatan, kedua mobil juga memiliki teknologi parkir otomatis.

Seri E 300 terbaru sudah dilengkapi dengan fitur parking pilot dengan kamera 360 derajat. "Teknologi itu dapat memudahkan pencarian dan pemilihan tempat parkir, serta memasuki dan meninggalkan ruang parkir paralel atau lateral menjadi lebih mudah," ujarnya.
Kendaraan Semi Otonom Dirakit di Bogor Resmi MeluncurInterior Mercedes-Benz E 300 with AMG Line (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Tidak hanya E 300, begitupun E 250 terbaru. Fitur akan bergerak secara otomatis, pada saat mundur atau maju, selain itu dapat bergerak secara otomatis ke lokasi parkir yang telah dipilih. Serta, dapat mengarahkan untuk mengerem ketika mendeteksi sebuah hambatan di sekitar area parkir.

Keceparan kendaraan saat parkir akan dikendalikan otomatis, serta perpindahan transmisi, baik maju dan mundur. Informasi dari kamera akan disajikan secara HD pada layar di dalam kendaraan. Melalui kamera 360 derajat, pengamatan area parkir semakin jelas beserta kamera mundur, dan tiga kamera tambahan.

"Kami memakai sensor-sensor untuk mengawasi tiap sisinya," kata dia.

Menyoal harga, untuk E 250 terbaru dibandrol dengan harga Rp1.129.000.000 sedangka E 300 terbaru, Rp1.329.000.000. Namun,  keduanya masih berstatus of the road dan sudah tersedia di masing-masing dealer Mercedes-Benz.

Sedikit mengenai E-Class terbaru, diantaranya touch controls untuk mengendalikan seluruh sistem infotaiment menggunakan gesekan jari, desain grafis baru dengan visualisasi dan animasi terbaik, integrasi smartphone pengisian daya nirkabel, kopling udara kapasitif dan dukungan sistem infotaiment berbasis smartphone.

Lalu, program berkendara dyamic dengan lima pilihan mode, eco, comfort, sport, sport plus dan individual. Selain itu perlindungan Pre-Save, nilai koefisiensi hambatan terbaik (tingkat cd serendah 0,23).

Mobil juga memiliki bobot lebih ringan 70 kg, berkat konstruksi bahan kendaraan. Pencahayaan ruang dengan 64 warba dan lampu ekor dengan efek cristal optik stardust dan fungsionalitas multi-level.