Membandingkan Tarif Internet Dasar Antar Operator

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Sabtu, 29/04/2017 12:06 WIB
Sejumlah operator berlomba-lomba menawarkan internet terbaik untuk pelanggannya. Lalu bagaimana dengan harga dan kualitasnya? Apakah semua merata? Ilustrasi seseorang yang tengah menggunakan layanan telekomunikasi (dok. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/nz/14)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel memiliki beberapa produk paket internet untuk melayani kebutuhan internet penggunanya. Layanan tersebut diantaranya Simpati GigaMax, 4G LTE Telkomsel, simPati Loop, dan sebagainya.

Berbagai layanan paket internet ini tak hanya memberi kuota internet saja. Tapi, ada beberapa paket tertentu yang memberikan kuota internet plus campuran bonus telepon, SMS, atau tambahan kuota untuk layanan streaming video seperti HOOQ, Viu, juga kuota streaming musik.

Selain menawarkan paket dengan embel-embel bonus layanan lain itu, Telkomsel juga punya paket internet dasar. Paket internet dasar Telkomsel ini dibanderol dalam paket Telkomsel Flash.
Paket termurah Telkomsel Flash dibanderol Rp 75 ribu perbulannya. Paket ini memberikan data 6GB. Jika dirinci, paket ini terbagi jadi 4GB di 4G dan 2GB di jaringan lainnya seperti 3G/2G.


Sementara itu, paket Flash yang dibanderol dengan harga paling tinggi adalah Flash 40GB. Paket ini dilabeli harga Rp500 ribu. Dengan harga setinggi ini, pengguna mendapat 24 GB di jaringan 4G dan sisanya 16 GB di jarigan 3G/2G.

Paling mahal

Sama dengan Telkomsel, operator seluler lain juga memiliki sejumlah paket yang memberikan bonus untuk digunakan di layanan lain. Namun rupanya harganya masih tetap relatif di bawah Telkomsel.

XL memiliki paket HotRod dengan harga paling rendah sebesar Rp30 ribu dengan kuota 800MB yang bisa digunakan dalam sebulan. Paket paling tingginya adalah HotRod 16GB yang dibanderol Rp220 ribu.
Sementara itu, Indosat Ooredoo memiliki paket internet termurah Rp60.000 dengan kuota 1 GB (2G/3G) + 2 GB (4G) yang berlaku selama 30 Hari. Paketnya yang paling mahal dilego Rp160.000 untuk data 8 GB (2G/3G) + 10 GB (4G) dalam sebulan.

Tri menawarkan paket data reguler dengan harga terendah Rp35 ribu untuk 500MB. Untuk 5GB, pelanggan harus merogoh kocek Rp125 ribu untuk sebulan.

Smartfren sebagai provider CDMA yang masih eksis hingga saat ini juga menawarkan paket internet untuk pelanggan GSM. Untuk paket data dasarnya per bulan, pelanggan perlu merogoh kocek Rp50 ribu dan akan mendapatkan kuota 1,75GB. Paketnya yang paling mahal berada di harga Rp150 ribu dengan paket data 9GB.
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK