iNext, Crossover Otonom Tertinggi Milik BMW

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 10/05/2017 15:59 WIB
iNext, Crossover Otonom Tertinggi Milik BMW BMW iNext akan jadi varian tertinggi mobil listrik dan otonom dari BMW untuk kelas crossover. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di 2021 BMW akan meluncurkan kendaraan masa depannya secara global. BMW iNext ialah model terbaru pabrikan asal Jerman dan diklaim menjadi varian teratas, setelah Seri 7.

MObil ini memiliki sistem powertrain, keseluruhan listrik dan untuk sementara mengambil konsep Vision Next 100 yang sudah diresmikan tahun lalu mengambil bentuk sedan futuristik. Namun dari rumor yang beredar, iNext akan memiliki model mobil berjenis crossover.

Seperti diberitakan Motor1, dari pernyataan resmi BMW, mobil tersebut akan memiliki dimensi lebih besar. Sedangkan, BMW Blog menuliskan bahwa ukuran iNext akan menyerupai ukuran seperti Jaguar I-Pace, yang rencananya muncul diakhir tahun.


Untuk menjadikan mobil tersebut sebagai jajaran teratas, BMW telah mengungkapkan bahwa teknologi yang disematkan ialah kemudi otomatis, atau self-driving yang memungkinkan iNext memenuhi persyaratan Level 3.

Sementara, bila sesuai rencana pada 2018 mendatang, pabrikan satu negara BMW, yaitu Audi akan lebih dulu melakukan produksi untuk mobil berteknologi tersebut, melalui Audi A8.  

Meski begitu, iNext nampaknya lebih di atas dari A8 dan dapat dikatakan lebih pintar karena masuk ke dalam Level 4 (otomatis tinggi). Sehingga, teknologi dapat menangani situasi darurat, bahkan pada saat pengemudi tidak menanggapi permintaan untuk melakukan sesuatu.

Lebih dari itu secara teoritis mobil dapat dikategorikan memenuhi Level 5 (full otonom) yang mengacu, kendaraan self-driving tanpa stir.

Dalam keterangan resminya, telah terkonfirmasi bahwa mobil tersebut masuk tahap produksi pada 2021 di Dingolfing, Jerman. Sedangkan, demi menambah portovolio di kendaraan listrik, produksi perdana EV MINI di 2019 dan kemudian diikuti berselang satu tahun kemudian X3 nol emisi.