Hasil Mengejutkan Tes Tabrakan Corolla 98 Vs Corolla 2015

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Senin, 22/05/2017 07:08 WIB
Hasil Mengejutkan Tes Tabrakan Corolla 98 Vs Corolla 2015 Toyota Corolla tahun 1998. (Toyota Motor Corporation)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika Anda berada di kursi pengemudi, sebaiknya Anda cari posisi duduk lain. Hasil mengejutkan dari tes tabrakan ini akan menjadi peringatan bagi Anda untuk berpikir ulang, khususnya jika Anda masih menggunakan mobil berusia lebih dari 20 tahun.

Usia rata-rata kendaraan di jalanan Amerika Serikat adalah 11,6 tahun, itu adalah rata-rata, mungkin Anda bukan satu-satunya yang tetap memilih dan mencintai kendaraan tua Anda.

Para peneliti dari Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) memutuskan untuk melakukan uji coba dan mengabadikannya dalam sebuah video yang diunggah secara online. Memperlihatkan produksi dari pabrikan yang sama, Toyota dengan jenis yang sama namun terpaut 17 tahun usia produksi.


Toyota Corolla, satu rakitan 1998 dan lainnya adalah Corolla keluaran 2015. Keduanya akan ditabrakan dengan kecepatan 64 km/jam. Apa hasil dari tabrakan ini? Siapa yang akan selamat dengan cidera paling minim? Sebagai catatan, Corolla 1998 mendapatkan bintang empat untuk rating tabrakan pada zamannya.

Namun, hal itu kini berubah. Corolla 1998 mendaptkan dampak yang cukup mengerikan dengan beberapa kerusakan yang menyebabkan luka parah atau bahkan kematian. Roda depan terdorong hingga wilayah pengemudi dan Corolla tua ini tidak memiliki kantung udara, dan akan mnimbukan cidera serius, setidaknya pada kaki Anda.

Sementara itu, untuk Corolla muda, memperlihatkan nyaris sedikit sekali kerusakan yang menimbulkan cidera bagi penumpang. Sebagai perbandingan adalah dampak kerusakan pilar dari kedua mobil. Corolla 2015 nyaris masih kokoh dan pintu masih tertutup rapat, dengan sepersekian detik kantung udara terbuka melilndungi bagian depan dan samping pengemudi. Hal ini memperlihatkan jika Corolla baru tidak menyalurkan dampak tabrakan ke dalam wilayah penumpang, sedangkan Corolla tua nyaris berbentuk seperti pretzel, yang membawa dampak paling besar.

Tes ini adalah untuk memperlihatkan adanya perkembangan teknologi yang semakin aman dari waktu ke waktu, namun cukup menakutkan jika hal ini benar-benar terjadi. Tidak untuk menganjurkan berhenti mengendarai kendaraan tua di tahun milenial seperti ini, namun tetaplah berkendara secara aman. Apa pun kendaraan yang Anda pakai.