Mantan Petinggi Google Bakal Keluarkan Ponsel Tandingan Apple

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Jumat, 26/05/2017 14:00 WIB
Ponsel berdesain ciamik ini dibuat untuk menjadi tandingan ponsel pintar kelas tinggi seperti Galaxy S, iPhone, LG G, bahkan Google Pixel Essential digadang-gadang ingin menjadi pesaing ponsel cerdas papan atas seperti Apple dan Samsung (dok. REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pencipta Android, Andy Rubin, sudah sejak awal tahun ini membocorkan rencananya untuk membuat smartphone yang akan menjadi tandingan ponsel pintar kelas tinggi seperti Galaxy S, iPhone, LG G, bahkan Google Pixel. Ponsel pintar yang disiapkan Rubin ini diketahui bernama Essential.

Bocoran terbaru menunjukkan bahwa ponsel cerdas tersebut bakal diluncurkan pekan depan pada 30 Mei. Hal ini diketahui dari postingan Twitter resmi Essential. Cuitan yang diposting pada 25 Mei silam itu memang tidak secara gamblang menyebutkan bahwa Essential FIH-PM1 akan diperkenalkan pada akhir Mei ini. Namun, berbagai media memprediksikan hal tersebut. Untuk diketahui, Essential FIH-PM1 adalah kode ponsel cerdas terbaru dari Essential. 



Pada Maret silam, Rubin sendiri telah mengeposkan penampakan Essential yang tampil tanpa bezel. Perusahaan tersebut juga lama dirumorkan tengah mengembangkan aksesoris add-on magnet seperti Moto Z. Layar Essential sendiri disebutkan Bloomberg sensitif terhadap tekanan. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa ponsel cerdas Essential akan dilego dengan harga setinggi iPhone 7 yang dimulai dengan harga US$649 atau setara Rp8,6jutaan.

Namun tak hanya sampai di sana, database GeekBench terbaru memperlihatkan jeroan yang diusung oleh Essential FIH-PM1. Perangkat ini akan berjalan dengan OS Android Nougat. Hal ini telah dikonfirmasi oleh eksekutif Alphabet, Eric Schmidt.



Menurut BGR, cuitan Schmidt diposting bertepatan dengan konferensi pers Samsung dengan Galaxy S8 di New York. Schmidt tampaknya mengajak pengguna ponsel pintar untuk menunggu kelahiran handset baru yang tak akan kalah dari Galaxy S8 yang memiliki keunggulan dari segi desain.

Geekbench juga membocorkan beberapa spesifikasi Essential FIH-PM1 ini, Disebutkan bahwa ponsel ini memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi 2,560x1,312. Aspek rasio antara layar dengan bodinya sekira 2:1 seperti LG G6.


Dari segi jeroan, perangkat ini akan ditenagai prosesor octa-core Qualcomm, @2.2GHz, dan GPU Adreno 540. RAM-nya berkapasitas 4GB dan ponsel membawa kamera dengan kemampuan menjepret foto dan merekam video berkualitas 4K. Perangkat ini juga membawa koneksi NFC.

Sayangnya, Rubin belum memberikan konfirmasi mengenai spesifikasi tersebut, seperti dikonfirmasi oleh CNet.