Pengguna Ponsel Lebih Bijak Dari Pengguna PC

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Sabtu, 27/05/2017 01:31 WIB
Pengguna Ponsel Lebih Bijak Dari Pengguna PC ilustrasi pengguna ponsel cerdas (dok. dangquocbuu/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah penelitian menunjukkan pengguna ponsel cenderung membuat keputusan yang lebih rasional dan tidak emosional ketimbang pengguna PC. pengambilan keputusan ini terkait dilema ketika pengguna dihadapkan pada masalah moral klasik. Penelitian yang tertuang di Journal Computers in Human Behavior.

"Dalam studi ini kami menemukan ketika orang menggunakan ponsel cerdas untuk melihat masalah moral klasik, mereka cenderung membuat keputusan rasional, tidak emosional, saat dihadapkan pada dilema moral," kata penulis penelitian Dr. Albert Barque-Duran seperti dilansir dari UberGizmo, Jumat (26/5).

Alasan mereka bisa lebih dewasa dalam pengambilan keputusan lantaran kecenderungan menggunakan ponsel yang biasanya menyedot seluruh fokus pengguna dalam satu waktu. Akibatnya hal lain di luar ponsel jadi terabaikan.



Sebaliknya, pengguna komputer lebih mungkin terpapar informasi selain dari layar komputernya. Terlepas apakah informasi itu mengganggu atau membantu pengguna. Alhasil pengguna komputer ditemukan lebih mengandalkan intuisi saat membuat keputusan.

"Ini bisa terjadi karena meningkatnya tekanan waktu dan jarak psikologis yang terjadi saat menggunakan perangkat seperti ponsel cerdas ketimbang PC," tutur Dr. Barque-Duran.

Cara menguji

Untuk menguji teori tersebut, peneliti mengambil 1.010 sampel dan menilai reaksi mereka saat menggunakan ponsel atau PC. Penggunaan PC atau ponsel cerdas dipilih secara acak.

Selanjutnya mereka diberi sejumlah pertanyaan terkait pengambilan keputusan. Contoh pertanyaannya mana lebih baik antara menolong lima orang yang nyawanya terancam dengan mengorbankan satu orang atau berdiam diri karena tak bisa mengorbankan satu orang tadi. Hasilnya 33,5 persen pengguna ponsel memilih mengorbankan satu orang tadi untuk menyelamatkan 5 orang, berbanding dengan 22,3 persen pengguna PC.


Menurut Dr. Barque-Duran, studi itu dilatarbelakangi oleh keberadaan ponsel yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari manusia. Ia menilai penelitian soal keputusan etika dan perilaku moral yang terus berubah seiring zaman perlu ditambah.

"Jelas kita perlu lebih banyak riset tentang bagaimana perangkat kita memengaruhi cara kita membuat keputusan moral karena penggunaan layar kita yang makin sering," pungkas Dr. Barque-Duran.