Steve Jobs Nyaris Boyong Tombol Back ke iPhone

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Senin, 26/06/2017 07:00 WIB
Steve Jobs Nyaris Boyong Tombol <i>Back</i> ke iPhone Steve Jobs sempat berencana menhadirkan tombol back pada desain iPHone. (Foto: AFP PHOTO / KAZUHIRO NOGI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok legendaris sekaligus visioner Steve Jobs melekat kuat dengan Apple. Bahkan visi Jobs yang memperkenalkan konsep digital dalam iPhone dan iPod tak bisa dipungkiri menjadi cikal bakal perangkat pintar saat ini.

Desain iPhone dengan satu tombol 'home' yang ikonik juga tetap dipertahankan hingga kini. Bukan tanpa alasan, Apple memang sengaja merancang iPhone dengan satu tombol agar terlihat lebih rapi dan tidak makan tempat.

Menariknya, ada hal tersembunyi di balik desain minim tombol tersebut. Mendiang Jobs ternyata sempat menginginkan kemunculan tombol selain tombol home pada iPhone.

Jobs sempat berkeras agar iPhone memiliki tombol back--layaknya yang ada pada desain ponsel Android saat ini. Namun, tim desainnya berargumen kuat agar iPhone tetap hadir dengan satu tombol saja.


Rahasia mengejutkan tersebut terungkap dari buku berjudul 'The One Device: The Secret History of iPhone' karya Brian Merchant. dalam buku tersebut, Jobs sempat beralasan ponsel layar sentuk seharusnya memiliki tombol back untuk memudahkan navigasi.

Bukan hanya itu, Jobs diketahui juga nyaris mematenkan tombol back untuk iPhone generasi pertama. Hanya saja, dari hasil diskusi dengan tim desain niat tersebut akhirnya urung diwujudkan.

Imran Chaudhari, desainer iPhone yang telah bekerja selama 19 tahun untuk Apple Human Interface Team mengaku tidak setuju dengan rencana Jobs kala itu. Ia juga membenarkan jika momen itu bisa jadi pertama kalinya Jobs ragu dengan nalurinya dan bersedia mendengarkan pendapat orang lain.

"Ini akan menjadi masalah. Kami ingin tombol home jadi satu-satunya jawaban untuk iPhone, jika ditambah tombol back maka bisa membuat aksesibilitas menjadi lebih kompleks," kata Chaudhri seperti dilansir BGR.

Alih-alih memunculkan tombol back untuk memudahkan aksesibilitas, Chaudhri dan tim berargumen jika pengguna iPhone cukup menekan tombol home untuk kembali ke layar sebelumnya.