Jangan Takut Tersesat, Ini Aplikasi Peta Tanpa Internet

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Kamis, 22/06/2017 15:08 WIB
Jangan Takut Tersesat, Ini Aplikasi Peta Tanpa Internet Pemudik bisa menggunakan aplikasi peta offline saat melakukan perjalanan mudik. (Foto: Courtesy Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain melalui jalan utama, ada baiknya pemudik juga mengetahui jalur alternatif untuk mencapai kampung halaman. Kemunculan aplikasi navigasi tentu memudahkan pemudik berkendara.

Hanya saja, koneksi internet yang terkadang tidak stabil menjadi kendalanya. CNNIndonenesia.com menghimpun beberapa aplikasi navigasi populer yang tetap bisa digunakan meskipun tidak terhubung atau minim koneksi internet.

Google Maps
Selain tersedia secara online, Google Maps juga bisa digunakan tanpa koneksi internet. Pengguna cukup mengaktifkan mode offline untuk mengetahui arah mana yang ingin dilalui.

Ketika masih terhubung internet, unduh dahulu jalur yang ingin dilalui. Melalui pengaturan - pilih jalur yang ingin disimpan dalam mode offline maka Google akan otomatis menyimpan nya. Untuk menyimpan satu jalur baru, pilih cutom area-lalu masuk ke peta yang ingin dilalui pilih simpan dan unduh.


HERE WeGo Maps
Aplikasi yang dibuat oleh Nokia ini menawarkan beragam fitur yang bisa digunakan secara online dan offline. Pengguna bisa mendapat panduan navigasi turn-by-turn, mencari beragam lokasi sepanjang jalur mudi, melihat kepadatan lalu lintas, hingga pencitraan satelit.

Menariknya, di saat paket data sedang aktif pengguna bisa menggunakan aplikasi ini secara offline.

Sygic
Aplikasi peta offline Sygic bisa digunakan untuk mereka yang hobi bepergian menjelajah jalur baru. Aplikasi Sygic: GPS Navigation & Maps akan menyimpan peta dari berbagai wilayah di dunia yang bisa diunduh secara gratis dan bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Offline Maps & Navigation
Aplikasi besuatan Navigation ini bukan hanya bisa digunakan secara offline, tapi juga menawarkan beragam fitur menarik. Pengguna bisa mengubah penggunaan bahasa, GPS, speed limit untuk mengatur batas aman berkendara, 3D building untuk menampilkan area secara tiga dimensi, dan beragam fitur menarik lainnya.