Samsung Bakal Pasok Cip ke iPhone 8?

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Kamis, 20/07/2017 21:35 WIB
Samsung dikabarkan bakal memasok cip 7nm untuk iPhone terbaru di 2018 mendatang. Ilustrasi logo Samsung (REUTERS/Dado Ruvic/Files)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung memastikan pihaknya akan menyuplai prosesor buatan mereka ke iPhone terbaru. Samsung dikabarkan bakal memasok cip 7nm untuk iPhone di 2018 mendatang.

Seorang sumber dalam laporan Korea Herald menyebut Kwoh Oh-Hyun, salah satu CEO Samsung yang mengawasi lini produksi cip, belum lama mengunjungi markas Apple. Kunjungan itu diduga untuk mengamankan kesepakatan produksi cip untuk iPhone.

"Samsung berencana merampungkan uji coba mesin pembuat cip mereka dan menanti persetujuan akhir dari Apple untuk produksi cip," tulis laporan Korea Herald seperti yang dimuat laman V3, Rabu (19/7).


Keinginan Samsung memproduksi cip ini tak lepas dari kepemilikan mesin pembuat cip yang baru mereka beli pada Maret silam. Mesin tersebut akan jadi andalan Samsung dalam membuat cip 7nm.

Kesepakatan ini kembali 'menyatukan' Samsung dan Apple dalam produksi cip iPhone. Jauh sebelumnya, Samsung adalah produsen tunggal cip iPhone. Namun hal itu berakhir pada 2013 ketika Apple menyerahkan hak produksi cip iPhone ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Kendati demikian, Samsung dikabarkan bukan satu-satunya yang memegang hak produksi cip iPhone yang rilis 2018 nanti. Perusahaan Korea itu masih harus berbagi produksi dengan TSMC.

Manuver Samsung untuk mengamankan hak produksi iPhone merupakan upaya agresif mereka sebagai salah satu produsen cip terbesar di dunia. Kesepakatan ini bahkan mengancam posisi Intel sebagai produsen cip  nomor wahid sedunia.

Analis pasar IC Insights memprediksi Samsung akan menyalip Intel di posisi puncak sebagai produsen semikonduktor pada kuartal II 2017.
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK