GIIAS 2017

Dari Arena Balap Ke Jalan Raya, BMW Bawa Sedan Sport M Series

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 14/08/2017 11:15 WIB
Dari Arena Balap Ke Jalan Raya, BMW Bawa Sedan Sport M Series CNN Indonesia/Rayhand Purnama
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua mobil terbaru Seri M milik BMW resmi meluncur. Melalui BMW Group Indonesia, pabrikan asal Jerman itu mengenalkan BMW M3 dan M4 Coupe.

Presiden Direktur BMW Group Indonesia Karem Lim, mengklaim dua seri sedan sport premium ini memadukan kecepatan, kenyamanan, dan efisiensi. 

"Perpaduan tersebut menjadi landasan dari semua lini kendaraan BMW M," kata Karem di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, BSD, Tangerang.

"Teknologinya, performa kendaraan sport dari arena balap ke jalan raya," ungkap Karem. Meski demikian, menurutnya dua mobil terbaru M series juga tetap dapat diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari. 


Meski nyaman sebagai kendaraan mobilisasi sehari-hari, Seri M tetap mempertahankan komitmen dasar kendaraan, yaitu mesin. Performa mesin mobil sport ini dipadukan bersama material berdesain ringan. Sehingga total bobot mobil ini lebih ringan dari generasi sebelumnya. 

BMW membekali duet M Series, dengan mesin terbaru BMW M TwinPower Turbo enam silinder 2.979 cc. Mesin ini juga dilengkapi dengan dua turbocharge, valvetronic, double vanos, high precision injection yang dikawinkan dengan transmisi tujuh percepatan M DCT.

Dengan begitu, mobil mampu melesat dengan tenaga sebesar 431 Hp dan torsi maksimal, 550 Nm. Akselerasinya, dari 0-100 km/jam hanya memakan waktu 4,1 detik. Sementara kecepatan puncaknya mencapai 250 km/jam. Dalam uji coba efisiensi bahan bakar, mobil ini menenggak 12 km/ liter.

Pada model terbaru ini BMW juga memperbarui tampilan lampu depan dan belakang. Untuk bagian depan, lampu twin-circular khas BMW dipertajam dengan lampu jenis bi-LED. BMW juga menyematkan daytime running light berpotongan dinamis. Kombinasi ini menciptakan siluet "alis" yang membingkai tampilan muka mobil.

Untuk distribusi cahaya jarak jauh yang lebih efisien, BMW menyematkan teknologi adaptive LED headlights dengan high-beam assistant. Kelengkapan ini membuat rumah lampu lebih gelap dan memberi kesan jernih pada detailnya. Di bagian belakang, BMW menyematkan model baru untuk lampu LED-nya.

Berbagai pilihan juga hadir sebagai fitur standar di BMW M3 dan M4 Coupé terbaru. Kaki-kaki kedua model BMW M terbaru ini telah dilengkapi dengan velg alloy 19 inci dengan model BMW M Double-spoke 437M. Velg ini berbalut kombinasi warna hitam, brush, dan forged.

Di dalam kabin, BMW merancang kelengkapannya warna high-gloss black. Desain ini tampak pada beberapa detil seperti konsol tengah, kisi-kisi air conditioner, hingga BMW M Badge yang tersemat di bangku. 

Untuk harga, BMW M3 dibandrol dengan harga Rp1,889 miliyar dan Rp1,999 miliar kepada M4 Coupe. Dua harga ini berstatus off the road. 

"Kehadiran M3 dan M4 Coupé terbaru di ajang GIIAS akan menjadi penyegar bagi pecinta kendaraan sport," kata Karem. (eks/eks)