Toyota Ikut Suntik Investasi ke Grab

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Jumat, 01/09/2017 08:47 WIB
Berkat partisipasi Toyota ini, uang yang terkumpul dalam pendanaan Grab di seri G mencapai 2,5 miliar dolar AS atau sekitar 33,4 triliun rupiah. Investasi Toyota melengkapi total pendanaan seri G Grab dengan total US$2,5 miliar. (dok. CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota melengkapi babak pendanaan seri G untuk Grab. Berkat partisipasi Toyota ini, uang yang terkumpul dalam pendanaan Grab di seri G mencapai 2,5 miliar dolar AS atau sekitar 33,4 triliun rupiah.

Investasi Toyota dilakukan melalui anak usahanya Toyota Tsusho. Tak ada keterangan jelas berapa nominal yang dikucurkan oleh Toyota dalam investasi ini.

Sebelumnya Grab sudah mengamankan pendanaan sebesar 2 miliar dolar AS di seri ini dari Didi Chuxing dan SoftBank. Investasi Toyota melengkapi total dana yang dikumpulkan Grab sebesar 2,5 miliar dolar AS tadi.



"Kami menyambut dengan baik investasi dari Toyota Tsusho. Ini pengakuan atas kerja keras kami, posisi terdepan dan potensi pertumbuhan yang besar di Asia Tenggara," ucap CEO Grab Anthony Tan dalam rilis resmi, Rabu (30/8).

Grab menjadi perusahaan pertama yang menerima suntikan modal dari Toyota Tsusho yang baru diluncurkan pada April 2017.

Rangkaian pendanaan kali ini meningkatkan valuasi Grab hingga bernilai 6 miliar dolar AS atau sekitar Rp79,9 miliar. Pendanaan yang dipimpin Didi dan SoftBank ini sendiri sudah diumumkan sejak 24 Juli 2017 lalu.

Selain menanamkan modal ke tubuh Grab, Toyota juga menyertakan kerja sama di bidang teknologi.


Melansir dari laman TechCrunch, Grab akan membagi data dari 100 mobil Toyota yang ada di armadanya. Toyota akan memanfaatkan data itu untuk meningkatkan pengalaman pengemudi Grab di balik kemudi mobil Toyota.

Grab sebelumnya pernah mendapat pendanaan dari industri otomotif. Pada akhir tahun lalu Grab dikabarkan memperoleh kucuran dana yang nilainya mencapai 750 juta dolar AS atau sekitar 10 triliun rupiah.

Investasi dari Toyota ini sesuai dengan isyarat yang ditunjukkan oleh Presiden Grab Ming Maa saat itu bahwa akan ada produsen otomotif lainnya yang akan bekerja sama. (eks/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK