Range Rover Boyong SUV Premium Velar ke Indonesia

Rayhand Purnama , CNN Indonesia | Jumat, 08/09/2017 16:08 WIB
Range Rover Boyong SUV Premium Velar ke Indonesia Range Rover Velar. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wahana Auto Ekamarga (WAE), distributor resmi Jaguar Land Rover di Indonesia secara resmi meluncurkan varian terbaru keluarga Range Rover, Velar.

Mobil tersebut berada di segmen sport utility vehicle (SUV) premium dan berada di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport.

"Velar tidak hanya kemewahan, sekaligus kemampuan di segala medan yang belum pernah ada di kelas SUV mid-size. Ini adalah tipe terbaru Range Rover," kata CEO WAE Roland Staehler di bilangan Jakarta Selatan, Jum'at (8/9).

Dengan membawa mobil tersebut, ia mengungkapkan pihaknya ingin kembali membawa banyak pilihan tunggangan di segmen SUV. Bagi dia, peminat segmen SUV kini jumlahnya kian meningkat di dunia.

Secara desain, mobil dirancang dengan keseimbangan antara proporsinya yang terkesan kekar. Wheelbase (2.874 mm) memberikan kontribusi agar kabin terasa lebih lapang. Untuk mempertegas kesan kekar, produsen menyematkan velg berukuran 22 inci.

Sementara, di bagian kabin mereka Vekar duberi desain lebih simpel namun tetap elegan. Terdapat sistem hiburan Touch Pro Duo dengan layar sentuh 10 inci high-definition yang berpadu dengan seluruh arsitektur kabin. Untuk ruang bagasi, Velar berkapasitas 632 liter.

Di balik kap mesin, ada dua pilihan mesin, yaitu mesin 4-silinder 2,0 liter serta mesin V6 3,0 liter yang sama-sama berbahan bakar bensin. Mesin baru Ingenium 2,0 liter ini memiliki tenaga puncak 250 PS dan torsi 365 Nm yang dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 6,7 detik.
Range Rover Boyong SUV Premium Velar ke IndonesiaInterior kabin Range Rover Velar. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Sementara penggunaan mesin V6 3,0 liter dengan suntikan supercharger, mampu menghasilkan tenaga puncak 380 PS dan torsi maksimal 450 Nm. Disandingkan dengan transmisi otomatis 8-speed lansiran ZF, Velar V6 3.0 liter ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/jam (dibatasi).

Velar menggunakan sistem penggerak empat roda dengan Intelligent Driveline Dynamics, serta kemampuan menghadapi genangan air setinggi 65 cm dan teknologi berkendara terbaru Land Rover yaitu Terrain Response 2.

Sejumlah fitur keamanan telah hadir untuk memberi jaminan keselamatan penumpang, mulai dari enam airbag hingga berbagai sistem pembantu berkendara.

"Untuk teknologi, salah satunya lampu full-LED di depan dengan desain paling ramping di antara keluarga Range Rover. Pegangan pintu Flush deployable memberi kontribusi nilai aeodinamika mobil, dengan koefisien hambatan angin hanya 0,32 cd. Itu membuat Velar sebagai Land Rover paling aerodinamis-efisien yang pernah diproduksi," kata Roland.

Untuk membawanya pulang, di Indonesia, Velar tersedia dengan pilihan mesin 2.0 R-Dynamic SE seharga 2.050 miliar rupiah dan 3.0 R- Dynamic SE 2.350 miliar rupiah. Keduanya masih berstatus off the road.