logo CNN Indonesia

Perbedaan iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X

, CNN Indonesia
Perbedaan iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X Perbedaan iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple mengumumkan serangkaian produk iPhone anyar, iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X (baca: iPhone Ten). Lantas apa beda ketiga ponsel anyar ini?

Hal yang paling mencolok dari ketiganya adalah dari segi tampilan. iPhone 8 dan 8 plus tak memiliki perbedaan bentuk yang signifikan dari iPhone 7. Sementara iPhone X tampil dengan layar memenuhi tampilan muka dan menghilangkan tombol Home.

Layar dari tepi ke tepi ini, memberi beberapa dampak signifikan pada penggunaan produk baru ini. Tak ada lagi TouchID, pemindai sidik jari untuk autorisasi iPhone. Sebagai gantinya, Apple memasukkan FaceID. Lucunya, saat demo dilakukan di panggung, FaceID sempat gagal mengenali wajah pengguna.


Perbedaan mencolok lain dari sisi harga. Sebab, iPhone X dijual US$ 200 (sekitar Rp2,6 juta) lebih mahal dari iPhone 8 dan 8 Plus. Apple membanderol iPhone X US$ 999, sementara iPhone 8 Plus hanya US$799, dan iPhone 8 US$ 699.

Layar juga jadi pembeda signifikan dari ketiga ponsel ini. Mulai dari ukuran, resolusi, hingga jenis panel yang digunakan. Layar yang digunakan di iPhone 8 selebar 4,7 inci, iPhone 8 Plus 5,5 inci, dan iPhone X 5,8 inci.

Resolusi layar yang diusung iPhone X jadi yang paling tinggi 2436 x 1125 pixel. Disusul dengan resolusi iPhone 8 Plus sebesar 1920 x 1080 pixel. Sementara iPhone 8 hanya menggunakan layar beresolusi 1334 x 750 pixel.

Perbedaan lain terdapat pada jenis layar. Pada iPhone 8 dan 8 plus, keduanya menggunakan panel yang sama, IPS. Sementara iPhone X menggunakan panel OLED.

Jika dilihat dari dimensi ponsel, iPhone X adalah yang paling tebal 7,7 mm. Sementara ketebalan iPhone 8 Plus 7,5 mm dan iPhone 8 7,3 mm.


Saat digenggam, ternyata iPhone 8 Plus yang paling berat dengan 202 gram. Sementara iPhone X, meski tebal tapi ponsel ini lebih ringan, hanya 174 gram. Ponsel paling ringan tentu iPhone 8 dengan 148 gram.

Resolusi kamera pada ketiga ponsel ini hanya sedikit berbeda. Pada iPhone 8 dan 8 Plus, sama-sama mengggunakan kamera depan 7 MP dan kamera belakang 12MP. Sementara iPhone X menggunakan kamera depan serupa, 7 MP dan kamera belakang sedikit ditingkatkan jadi 13 MP.

Perbedaan lain adalah iPhone X dan iPhone 8 Plus sama-sama menggunakan kamera ganda untuk kamera belakang, sementara iPhone 8 hanya mengusung kamera tunggal. Meski demikian, resolusi kamera ganda iPhone X lebih tinggi (13MP) dari iPhone 8 Plus (12MP).

Dari segi performa, ketiganya sama-sama ditenagai oleh prosesor Apple A11.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Pesta Satu Dekade iPhone
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video