logo CNN Indonesia

Animoji, Emoji Bergerak yang Hanya Ada di iPhone X

, CNN Indonesia
Animoji, Emoji Bergerak yang Hanya Ada di iPhone X Ilustrasi: Apple menghadirkan animoji, emoji bergerak yang memanfaatkan teknologi AR pada iPhone X. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple baru saja memperkenalkan ponsel model terbarunya termasuk iPhone X yang menggunakan sistem pengenalan wajah. iPhone X ini memiliki fitur yang paling banyak dirumorkan selama ini. Sebab menghilangkan tombol home, iPhone X menggunakan Face ID sebagai pengganti Touch ID.

FaceID mengenali wajah pengguna dengan pemindai wajah di kamera miliknya. Ternyata fitur pemindai wajah ini tak hanya berguna sebagai pemindai wajah untuk autorisasi pengguna. Tapi, FaceID ini juga bisa digunakan pengguna untuk menggerakkan emoji, merekam, dan mengirimkannya sebagai pesan emoji 3D bergerak. Fitur ini dinamakan Animoji. 


Animoji sendiri adalah salah satu fitur di iOS 11. Fitur ini akan langsung ada di aplikasi Message iOS 11.

Untuk menggunakan animoji, pengguna bisa memilih emoji tertentu. Lantas emoji yang bisa bergerak dan berbicara ini akan tampil penuh di layar. Pemindai wajah akan menyesuaikan gerakan wajah dan mulut pengguna dengan emoji yang tampil dilayar. Gerakan dan suara pengguna akan direkam sebelum akhirnya bisa dikirim.

Penerima akan dapat melihatnya sebagai video dan audio yang berputar otomatis secara terus menerus.

Apple menggambarkan fitur ini sebagai "pesan animasi kustom yang menggunakan suara dan merefleksi ekspresi wajah pengguna". Apple menyediakan beberapa jenis 3D emoji, seperti monyet, kucing, anjing, kuda unicorn, hingga tinja.


iOS 11 sudah bisa diunduh mulai 19 September. Sistem operasi tersebut bisa digunakan oleh pengguna iPhone 5s, 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, SE, 7, 7 Plus, iPad generasi kelima, Mini 2, 3 dan 4; semua model iPad Air dan Pro, serta iPod Touch generasi kelima.

Sementara itu, iPhone X sendiri membawa layar melengkung di samping kanan dan kiri dengan diagonal 5,8 inci. iPhone X dirilis sebagai perayaan iPhone ke-10 yang jatuh pada tahun ini sehingga membawa desain dan teknologi yang berbeda.

Selain iPhone X, Apple juga memperkenalkann iPhone 8 dan 8 Plus. Keduanya membawa desain sepenuhnya kaca dan juga pengisian daya nirkabel. Ukuran layar masing-masing 4,7 inci dan 5,5 inci.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Pesta Satu Dekade iPhone
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video