Twitter Uji Fitur 'Baca Nanti' untuk Simpan Kicauan

Kustin Ayuwuragil , CNN Indonesia | Kamis, 12/10/2017 11:12 WIB
Twitter Uji Fitur 'Baca Nanti' untuk Simpan Kicauan Twitter merilis fitur baru 'bookmark' (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna sosial media seperti YouTube dan Facebook bisa jadi sudah familiar dengan fitur tonton nanti atau baca nanti. Namun, fitur yang sama saat ini masih dalam pengujian Twitter.

Keith Coleman, Head of Product Twitter, mengumumkan melalui cuitannya semalam mengenai kedatangan fitur bookmark tweet ini. Pengguna segera bisa menyimpan cuitan untuk dibaca nanti. 




"Hi Twitter! Banya dari kalian (terutama di Jepang!) yang mengatakan kalian ingin lebih mudah menyimpan cuitan untuk dibaca nanti. Saat ini, pengguna bookmark tweet dengan acara menyukainya, mengirim DM pada diri sendiri atau me-retweet. Namun ini akan jadi lebih mudah," terang @jesarshah, manajer produk Twitter.

Tak hanya memberikan penjelasan, Shah juga mendemokan bagaimana fitur yang disebut 'Save for Later' ini bekerja. Namun, demonya masih menunjukkan cara kerja di purwarupa yang mungkin berubah pada peluncuran akhirnya. Dia juga tidak menerangkan kapan fitur ini akan dirilis secara global.



Seperti yang terlihat, pengalaman menggunakannya masih belum terlalu mulus karena pengguna harus menekan opsi More di bawah cuitan sebelum pengguna bisa menyimpan update. Sedangkan, untuk mengakses sesuatu yang sudah disimpan, pengguna harus menjangkau menu dan menekan tombol Bookmarks yang tersedia di bagian atas intermuka aplikasi.

Kendati demikian, kehadiran fitur ini mendapat sambutan yang baik dari pengguna. Rupanya, selama ini pengguna cukup bingung cara membedakan penggunaan tombol suka dan bookmark cuitan.



"Saya tidak suka ide bahwa dengan tombol hati Twitter kini muncul di lini masa follower, saya menunjukkan banyak hal yang belum saya baca," demikian pendapat @BecomingDataSci.