'iPhone Tak Cocok untuk Dipakai Tanpa Henti'

Bintoro Agung , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 16:20 WIB
'iPhone Tak Cocok untuk Dipakai Tanpa Henti' Desain Apple, Jonny Ive mengutarakan iPhone bukan ponsel yang bisa dipakai tanpa henti. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer Apple, Jonny Ive mengklaim iPhone tak didesain untuk digunakan terus-menerus tanpa istirahat. Hal ini dilontarkan salah satu figur yang dianggap sebagai kunci dari produk iPhone sejak awal kelahirannya.

Dalam sebuah sesi wawancara, Ive mengkritik kebiasaan para pemilik iPhone selama ini. Kritik Ive nampak tak sengaja terlontar dari mulutnya ketika ia sedang menjelaskan bagaimana iPhone mengubah dunia.

"Seperti alat lain, bisa terlihat kegunaannya yang begitu hebat tapi juga penyalahgunaannya," kata Ive di ajang The New Yorker TechFest seperti dikutip dari The Inquirer.

Menurut Ive, penyalahgunaan itu berupa penggunaan ponsel tanpa henti. Ketika menyadari pernyataan itu agak kelewat batas, Ive berupaya menenangkan situasi dengan mengalihkan pembicaraan ke topik lain.

Belakangan, Apple sedang diterpa isu tak sedap. Sejumlah unit iPhone 8 Plus di beberapa negara dilaporkan cacat oleh pemiliknya.

Baterai di ponsel berdaya 2.691 mAh itu diketahui membengkak usai dicolok. Saking parahnya, baterai iPhone 8 Plus itu memuai begitu besar hingga mengoyak bodi ponsel.

Meski jumlah kasus yang ditemukan masih sedikit, Apple serius menyelidiki penyebab baterai itu bisa cacat.

Pada kesempatan yang sama, Ive membeberkan dari mana ia mendapatkan insipirasi untuk mendesain iPhone pertama kalinya pada 2007 silam.

"Ketika kami mengerjakan iPhone, sebagian besar motivasi terpicu oleh rasa benci kami terhadap ponsel yang kita gunakan saat," aku Ive. (evn)