Mengenal Sekilas Mercy Lawas Jokowi

Rayhand Purnama , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 15:28 WIB
Mengenal Sekilas Mercy Lawas Jokowi Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard. (Foto: Courtesy of mercedes-benz.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo dan jajaran istana hingga kini masih memercayakan Mercedes-Benz sebagai kendaraan operasional.

Terkait hal ini, Deputy Director Sales Operations & Product Managment Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Karyanto Hardjosoemarto, menatakan bahwa jajaran mobil Mercedes-Benz saat ini telah digunakan secara resmi oleh Indonesia sejak era presiden pertama, Soekarno.

"Ini sebagai suatu kehormatan dan kebanggaan dapat melayani serta telah dipercaya selama berpuluh- puluh tahun sebagai kendaraan operasional dan kendaraan resmi Kepresidenan," kata Kariyanto, belum lama ini.

Jokowi sendiri saat ini menggunakan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard keluaran 1988-1999. hari menuturkan hal itu bisa terlihat dari bentuk lampu yang masih tajam melengkung, berbeda dengan seri serupa yang dirilis pada 2016.
"(Mercedes-Maybach) punya Jokowi sudah lumayan lama, estimasinya sekitar 1998-1999," pungkasnya.

Menariknya, kendaraan lain yang digunakan Jokowi yakni Mercy S600 keluaran 2007 justru sempat mogok ketika digunakan berkunjung ke Kalimantan Barat. Akselerasi gas mobil berumur 10 tahun itu tak berfungsi dengan baik, sehingga mobil tidak jalan dengan prima meskipun gas diinjak.

Mengenal Sekilas Mercy Lawas  Tunggangan JokowiMercedes-Maybach S600 Pullman Guard. (Foto: Courtesy of mercedes-benz.com)
Sebelumnya, Departement Manager Public Relations MBDI Dennis A. Kadaruskan, mengungkapkan ada beberapa penawaran yang diberikan Mercedes-Benz, khusus untuk kendaraan kepala negara. Jika berminat, pabrikan asal Jerman itu menyediakan S600 Guard terbaru sebagai pengganti Mercy lawas Jokowi.

"S600 Guard itu kendaraan khusus yang dirancang Mercedes-Benz dengan tingkat keselamatan dan keamanan sangat tinggi. Itu sesuai dengan standar dan sertifikasi tertinggi yang berlaku, yaitu BRV9 dan ERV 2010," kata Dennis, beberapa waktu lalu.

Mengenal Sekilas Mercy Lawas  Tunggangan JokowiInterior Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard.(Foto: Courtesy of mercedes-benz.com)

Ia menjelaskan peruntukan kendaraan tersebut sudah sesuai yakni untuk seorang kepala negara, termasuk Jokowi. Menyoal harga, Mercedes-Benz memastikan S600 Guard bisa disesuaikan dengan perlengkapan yang diinginkan pemohon.

Sebagai bentuk keamanan orang nomor satu di Indonesia, mercedes-Benz juga berkolaborasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yakni Detasemen Peralatan Paspampres untuk mengadakan pelatihan teknis keamanan kendaraan kepresidenan dan ancaman dari pihak luar.
Sejak 1928 Mercedes-Benz diketahui telah dipercaya memproduksi kendaraan yang dilengkapi proteksi khusus untuk mengangkut penumpang VVIP.

Mercedes-Benz Nurburg 460 menjadi kendaraan pertama yang diproduksi untuk VVIP. Selain menawarkan kemewahan, Nurburg 460 juga dilengkapi kenyamanan tingkat tinggi dan aspek keselamatan mumpuni di eranya.

Selain Jokowi, setelah lebih dari 90 tahun Mercedes-Benz juga digunakan sebagai mobil kenegaraan oleh Raja Arab Saudi. Mercedes-Maybach S600 Guard juga sempat digunakan oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ketika berkunjung ke Indonesia pada Maret lalu.

"(Mobil kami) telah banyak digunakan sebagai kendaraan Kepresidenan di masing-masing negara di seluruh belahan dunia sampai sekarang," papar Hari. (evn)