Apple Bakal Tinggalkan Pembaca Sidik Jari Demi Sensor Wajah

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Sabtu, 14/10/2017 23:38 WIB
Apple Bakal Tinggalkan Pembaca Sidik Jari Demi Sensor Wajah Apple dikabarkan bakal sepenuhnya meninggalkan fitur pemindai sidik jari demi beralih ke sensor pengenal wajah. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Analis KGI Securities kenamaan, Ming-Chi Kuo, kembali mengungkap prediksinya terkait fitur iPhone tahun depan. Analis yang ramalannya dikenal jitu untuk iPhone tersebut percaya bahwa Apple akan sepenuhnya meninggalkan pemindai sidik jari tahun depan untuk diganti dengan pemindai wajah.

Bulan lalu, Kuo mengatakan bahwa masa depan pemindai wajah Face ID di iPhone tergantung pada reaksi konsumen terhadap iPhone X sebagai ponsel pertama pengusung fitur tersebut.

Sebagaimana diberitakan 9to5Mac, Jumat (13/10), Kuo yakin Apple akan fokus pada teknologi penginderaan 3D untuk pemindaian wajah.



Kuo menulis bahwa penginderaan 3D akan menjadi "titik penjualan utama" dari semua model iPhone di tahun 2018. Meski Apple saat ini menghadapi kesulitan manufaktur dengan penginderaan 3D, Kuo mengatakan bahwa kamera TrueDepth dan Face ID akan membantu Apple "memanfaatkan keunggulannya dalam desain dan produksi sensor 3D untuk smartphone."

Dia juga tak setuju bahwa Apple akan membuat pemindai sidik jari yang terintegrasi di bawah layar.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini akan sepenuhnya pindah ke teknologi penginderaan 3D yang memungkinkan iPhone 2018 memiliki desain layar penuh seperti kompetitornya.

Meski beberapa perusahaan asal China menggunakan teknologi pemindai jari di bawah layar pada tahun depan, Kuo yakin vendor-vendor ponsel pintar Android lain nantinya juga akan mengikuti langkah Apple untuk beralih ke teknologi penginderaan 3D.


Sementara itu, laporan Kuo bulan lalu sebenarnya sudah mengatakan bahwa Apple semakin fokus pada penginderaan 3D, namun masih belum sepenuhnya beralih dari Touch ID karena masih mengerjakan teknologi sidik jari dalam layar.

Awal pekan ini, Kuo juga meramalkan bahwa iPad Pro akan mendapatkan Face ID pada 2018. Analis itu juga menjelaskan bahwa iPhone 8 Plus terjual lebih baik dari perkiraan karena produksi iPhone X yang terbatas mendorong "siklus super" mundur ke 2018. Siklus super adalah saat di mana pengguna dalam jumlah besar dari sebuah perangkat perlu mengganti perangkat mereka.

Hingga saat ini, belum jelas berapa model ponsel yang akan dirilis Apple tahun depan. Beberapa laporan menyebutkan Apple akan melahirkan iPhone dengan ukuran layar 6,4 inci, namun sejauh ini belum ada bukti yang konkret mengenai rumor tersebut.