RMA Ingin Coba Peruntungan Ford Kuga dan Mustang di Indonesia

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 07:08 WIB
RMA Ingin Coba Peruntungan Ford Kuga dan Mustang di Indonesia RMA berniat memboyong berbagai varian Ford kembali ke tanah air termasuk Mustang (dok. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Jakarta, CNN Indonesia -- RMA Group ingin mencoba peruntungan dengan membawa sport utility vehicle (SUV) Ford Kuga dan mobil sport Ford Mustang nantinya.

"Jadi semua tergantung Ford kalau soal model. Kalau misal jualan Kuga lalu Mustang tidak apa-apa, ya kami mah ayo," kata Senior Manager Marketing dan Sales RMA Indonesia Yanto Mardianto kepada CNNIndonesia.com, baru-baru ini.

Sebelumnya, RMA Group disebut-sebut bakal mengambil alih penjualan kendaraan Ford pasca absen selama satu tahun terakhir di Indonesia. Saat ini RMA Group telah memegang kendali untuk layanan purna jual Ford di Indonesia. 


Yanto mengatakan jika pihaknya saat ini tengah menunggu arahan dari pusat Ford di Amerika Serikat. Termasuk soal produk perdana yang bakal dijual di tanah air.

Namun, Yanto sendiri belum berani berbicara spesifik tentang model perdana nanti. Pastinya, soal kendaraan tidak jauh dari apa yang sebelumnya pernah di jual oleh Ford di pasar domestik.

"Pastinya model yang udah pernah dikeluariun di Indonesia itu dulu. Itu (segmen) belum tau, ya tergantung Fordnya. Ya kami ikutin dari atas ya, karena kebijakan emang gitu," ujarnya.

Bagi dia, saat masih dipegang oleh Ford Motor Indonesia (FMI), tiap segmen memiliki pengermarnya masing-masing. Baik dari segmen mobil penumpang sampai dengan komersial.

"Penumpang pasti mobil yang udah pernah dijual di sini kaya Fiesta sama Ecosport. Itu punya market sendiri. Lalu komersial, tambang lagi membaik nih, tentunya Ranger akan lebih mudah peneterasi di pasarnya ya," kata dia.

Ford sendiri masuk ke Indonesia di bawah bendera FMI pada 2002 silam dan sudah mengoperasikan 44 diler. Belasan tahun berselang, atau lebih tepatnya pada 25 Januari 2016 berita soal pemberhentian operasinya di dalam negeri diumumkan.

Kini pasca ditinggalkan FMI, mitra bisnis Ford, yakni RMA Group ditunjuk sebagai Distributor Resmi untuk Ford Service dan Genuine Parts di Indonesia, per 1 November 2016.