WhatsApp Bakal Perbaiki Fitur Pesan Suara Agar Jari Tak Pegal

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Sabtu, 18/11/2017 22:14 WIB
WhatsApp Bakal Perbaiki Fitur Pesan Suara Agar Jari Tak Pegal WhatsApp disebut tengah memperbaiki fitur pesan suara. (dok. REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp menyiapkan pembaruan di salah satu fiturnya. Pembaharuan ini ditujukan untuk memperlancar percakapan via suara di aplikasi.

Percakapan suara yang dimaksud di sini bukan fitur telepon gratis WhatsApp, melainkan fitur perekam. Pada pembaruan kali ini, WhatsApp mengubah pesan suara jadi lebih nyaman dipakai.

Masalahnya fitur pesan suara yang ada selama ini dianggap agak merepotkan. Untuk merekam suara, pengguna harus menekan tombol perekam di pojok kanan lalu menahannya selama pesan suara dibuat.

Lantaran tombol perekam itu tergolong kecil, kemungkinan jari pengguna 'terpeleset' selama berbicara cukup tinggi. Dan ketika jari pengguna luput dari tombol tersebut, hilanglah rekaman yang sedang dibikin tadi.

Melansir dari laman @WABetaInfo, pihak WhatsApp mengakali hal tersebut dengan sistem kunci. Ketika seseorang merekam suaranya di fitur ini, tangannya bisa bergerak bebas tanpa harus menekan tombol perekam. 

Hal itu memungkinkan karena dalam pembaruan ini akan ada opsi tombol kunci yang muncul ketika seseorang menekan tombol perekam.

Dengan fitur pengunci ini seseorang tak perlu lagi terus-terusan menekan tombol perekam, namun pengguna tak bisa mengetik ke lawan bicaranya. Jika berkeras ingin mengetik pesan, pengguna harus menghentikan perekam suaranya dulu.

Dalam situasi demikian, pengguna WhatsApp juga tak bisa berpindah ke kamar percakapan lain. Kalau dipaksakan, otomatis pesan suara yang sedang berjalan akan hilang. 

Fitur ini masih di fase eksperimen namun sudah tersedia untuk sebagian pengguna WhatsApp versi Beta. Belum ada jadwal resmi kapan fitur ini meluncur. (evn)