TIPS OTOMOTIF

Cek Ringan Mobil Saat Liburan Telah Tiba

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 23/12/2017 11:21 WIB
Mobil pribadi masih menjadi alternatif bagi sebagian masyarakat untuk menghabiskan waktu libur. Pengecekan ringan membuat kondisi mobil lebih prima. Ilustrasi. (Foto: Thinkstock/Artfoliophoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menggunakan mobil pribadi saat ini masih menjadi alternatif bagi sebagian masyarakat untuk menghabiskan waktu libur. Jelang Natal, masa liburan pun sudah menanti di depan mata.

Perjalanan yang ditempuh tentu tidak singkat, sehingga memastikan mobil dalam kondisi prima sudah menjadi kewajiban. Selain itu, pemilik juga disarankan harus peka terhadap kondisi dari kendaraannya.

Kepala bengkel Nissan-Datsun Depok, Jawa Barat, Ade Haryawan menyarankan pemilik dapat mengecek kendaraannya terlebih dulu sebelum melalui perjalanan panjang liburan.



"Minimal mobil yang pakai pasti tahu, kalau mobil sudah tidak enak. Misalnya rem agak dalam, lalu kampas tipis," kata Ade ketika dihubungi pada Jumat (22/12).

Dia menegaskan cek ringan pun dapat dilakukan di antaranya meliputi cek oli, radiator, kelistrikan sampai dengan kaki-kaki.

Dengan demikian, pemilik kendaraan juga dapat memperoleh rekomendasi perbaikan dari mekanik misalnya ada masalah pada kendaraannya. Biasanya, ia mengatakan, cek ringan kendaraan akan dikenakan biaya sedikitnya Rp300 ribu.


“Sehingga pulang pergi jadi bisa lancar, mobil juga fit kan lebih aman tidak ada kendala saat perjalanan," ujarnya.

Pemilik juga harus melengkapi kendaraan dengan berbagai peralatan tambahan, macam ban cadangan hingga dongkrak. Dan yang paling penting, ujarnya, pemilik pun harus bisa menggunakannya.

(asa)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK