Goodle Doodle Rayakan Hari Lahir Aktris Meksiko Katy Jurado

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 22:25 WIB
Goodle Doodle Rayakan Hari Lahir Aktris Meksiko Katy Jurado Google doodle merayakan hari lahir aktris Katy Jurado yang ke-94. (dok. Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Doodle hari ini merayakan hari lahir aktris Katy Jurado yang ke-94 dengan menampilkan ilustrasinya di laman depan Google. Aktris kelahiran Meksiko ini menjadi terkenal dengan memainkan karakter 'femme fatale'.

Lahir dengan nama María Cristina Estela Marcela Jurado García, Katy lahir dalam keluarga kaya pada 16 Januari 1924, di Guadalajara, Meksiko. Tahun-tahun pertamanya dihabiskan di tengah kemewahan sampai tanah keluarganya disita oleh pemerintah federal.

Pada saat remaja, Katy dilarang menjadi aktris oleh keluarganya. Tetapi niatnya yang kuat membuat dia menandatangani kontrak pertama secara rahasia. Karirnya dimulai dengan beberapa film yang diproduksi oleh Golden Age of Mexican, termasuk film La vida inútil de Pito Pérez (1943) yang sukses.


Akting film Hollywood pertamanya, 'Bullfighter dan Lady' (1951) diperankan dengan penuh tantangan. Pasalnya, bahasa Inggris Katy yang terbatas membuat dia menyampaikan kalimatnya dengan menghafal cara mereka berbunyi.

Terlepas dari pendekatan yang tidak konvensional, penampilannya cukup kuat untuk menarik perhatian seorang produser Hollywood terkenal. Katy memainkan karakter penting Helen Ramirez dengan sangat terampil sehingga dia memenangkan Golden Globe Award untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Penghargaan untuk pertunjukan masa depan mencakup tiga penghargaan Silver Ariel dan nominasi untuk beberapa Academy Awards. Di luar layar, Katy adalah wanita pemberani dan berjiwa yang memikat semua orang di sekitarnya.

Aktor Marlon Brando dan novelis Louis L'Amour, antara lain, cukup terpikat dengannya. Bakatnya dalam menggambarkan berbagai karakter membantu memperluas bagian-bagian yang tersedia untuk aktris Meksiko di Hollywood hari ini. (age/age)