Pria di China Gigit iPhone sampai Meledak

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 14:17 WIB
Baterai iPhone meledak setelah salah satu pembeli di China menguji ketahanan dengan cara mengigit. Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Issei Kato)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada akhir pekan lalu, seorang pria di China memutuskan untuk mengganti baterai iPhone-nya di sebuah toko elektronik. Anehnya, dia menggunakan metode yang tidak biasa untuk membuktikan bahwa baterai yang dimiliki toko elektronik itu asli.

Pria tersebut memperlakukan baterai ponsel pintar layaknya emas. Dia menggigit baterai ponsel tersebut untuk membuktikan keasliannya.

Alhasil, baterai ponsel itu malah meledak di dalam toko. Beruntung, ledakan kecil itu terjadi beberapa sentimeter dari wajah si pelaku dan orang-orang di sekitarnya.


Tidak ada laporan bahwa terdapat korban luka-luka karena kejadian ini.
Namun, kejadian tersebut terekam oleh kamera CCTV toko. Videonya kemudian diunggah ke miopai.com pada 20 Januari silam. Menurut Taiwannews, videonya telah ditonton lebih dari 4,45 juta kali.

Dalam video itu terlihat pelaku meletakkan ponsel di mulutnya dan menggigit. Gigitan tersebut telah membuat retakan yang berbahaya pada baterai sehingga menyebabkan ledakan kecil.

Pasalnya, cairan litium ion yang berada di dalam baterai sangat mudah terbakar dan bertekanan tinggi.

Netizen yang melihat video tersebut juga memberikan respons pada tindakan pria ini. “Baterai itu bukan emas, kenapa Anda menggigitnya?”
Pria tersebut mengikuti program diskon pergantian baterai iPhone yang diberikan Apple sejak awal Januari. Perusahaan asal California itu memberikan potongan harga pada baterai yang sudah tidak bergaransi karena telah memperlambat kinerja iPhone demi menjaga baterainya tahan lebih lama.

Kendati demikian, mengetes baterai ponsel dengan cara menggigit tidaklah bijaksana. Cairan litium ion yang berada di dalam baterai sangat mudah terbakar dan bertekanan tinggi. (age/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK