Kominfo Minta Penyedia Tutup Gim Brutal 'Pukul Guru Anda'

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Jumat, 02/02/2018 18:19 WIB
Kominfo Minta Penyedia Tutup Gim Brutal 'Pukul Guru Anda' Ilustrasi. Game dengan adegan kekerasan terhadap guru beredar di internet. Game berbasis flash ini hanya bisa dimainkan lewat desktop (Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut akan menindaklanjuti gim yang menunjukkan adegan kekerasan murid kepada guru.

Plt Kepala Humas Kominfo, Noor Iza, menyebut pihaknya sudah menerima sejumlah aduan dari masyarakat dan memberi waktu 2x24 jam kepada penyedia konten untuk menutup konten gim tersebut.

"Hal ini segera ditindaklanjuti dan telah dikomunikasikan ke penyedia konten pada pukul 15.30 (WIB)," tulis Noor dalam pernyataan tertulis, Jumat (2/2).


Judul gim brutal "Pukul Guru Anda" ini bisa diakses bebas di internet. Gim ini menampilkan visual penuh kekerasan bahkan cenderung brutal.

Pukul Guru Anda sejatinya adalah gim online sederhana yang bisa diakses dengan mudah. Gim itu berjalan di atas platform flash.

Kominfo Minta Penyedia Tutup Gim Brutal Gim 'Pukul Guru Anda'. (foto: poki.com)

Akses gim ini cenderung terbatas karena tak bisa dimainkan di ponsel cerdas atau tablet. Sejauh ini gim brutal itu hanya bisa dimainkan di desktop.

Alur permainan gim ini sederhana. Dalam gim itu ada dua orang yang berada di satu ruangan yang penuh dengan peralatan khas di sekolah: seorang guru dan seorang murid. Dari gambarnya, si murid itu sedang diceramahi oleh sang guru.

Permainan berlanjut ketika pointer diarahkan ke sejumlah alat yang bertebaran di ruangan itu. Setelah mengklik gambar salah satu alat, karakter murid akan mengambilnya dan memakainya untuk menyerang sang guru.

Setelahnya, visual kekerasan yang muncul cukup mengerikan. Karakter murid tak hanya sekadar menyerang, tapi juga terlihat berusaha membunuh sang guru dengan sejumlah alat yang tersedia. (eks/eks)