Di India WhatsApp Akan Dipakai Untuk Pembayaran

Eka Santhika, CNN Indonesia | Jumat, 09/02/2018 15:16 WIB
Di India WhatsApp Akan Dipakai Untuk Pembayaran WhatsApp sedang uji fitur pembayaran di India (antonbe/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Whatsapp dikabarkan tengah menguji fitur pembayaran berbasis Unified Payment Interface (UPI) dalam versi beta di India. Dengan UPI, pengguna Whatsapp bisa menerima dan mengirim uang.

UPI sendiri merupakan sistem pembayaran instan berbasis real time untuk mempermudah proses transaksi antar bank.

Pengguna di India kabarnya bisa mengakses sistem pembayaran ini melalui fitur lampiran yang berdampingan dengan Galeri, Video, Dokumen dan opsi lampiran lainnya. Jika diklik maka akan muncul beberapa nama bank yang bisa digunakan bertransaksi.


Untuk membayar lewat fitur tersebut, pengguna harus membuat akun UPI serta pin otentikasi yang belum pernah digunakan dalam platform pembayaran UPI manapun.

Sistem pembayaran ini hanya bisa digunakan saat kedua belah pihak sudah menggunakan versi Whatsapp yang menyertakan fitur pembayaran UPI di dalamnya. Fitur beta ini diluncurkan untuk sebagian pengguna Whatsapp versi 2.18.21 di iOS dan versi 2.18.41 di Android.

Terhitung sejak bulan Juli 2017 lalu, Whatsapp disebut telah tertarik untuk menyertakan sistem pembayaran berbasis UPI ke dalam platformnya.

Sebulan setelahnya, beberapa pihak menyebut fitur ini sudah tersedia di versi beta Android, walau kabar tersebut belum mendapat konfirmasi apapun dari pihak Facebook sebagai perusahaan induk.

UPI yang dicanangkan sebagai sistem pembayaran instan oleh pemerintah India ini telah menyita perhatian beberapa korporasi seperti Samsung, Zomato, hingga Google, seperti disebutkan NDTV pada Kamis (8/2). (sat/eks)