Intip 'Daleman' Pabrik Esemka di Boyolali

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 05/03/2018 10:00 WIB
Intip 'Daleman' Pabrik Esemka di Boyolali Bagian dalam fasilitas pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. (Screenshot via Instagram/@fxsuryadi77)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fasilitas pabrik milik PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) untuk produksi mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah belum rampung sepenuhnya. Pabrik tersebut berdiri di atas lahan seluas 14 hektare.

Berdirinya pabrik tersebut sebagai bukti keseriusan PT ACEH memproduksi massal Esemka di Tanah Air. Namun, hingga kini PT ACEH masih tutup mulut terkait pabrik barunya itu, dan belum bisa dikonfirmasi kebenaran pabrik tersebut.

Seorang sekuriti yang CNNIndonesia.com temui di lokasi pabrik pun tidak memperkenankan kami menjelajahi area pabrik. Kemunculan pabrik itu pun dipertanyakan dan menimbulkan reaksi masyarakat.


Di tengah keraguan masyarakat, tiba-tiba salah satu pemilik akun @fxsuryadi77 mengunggah foto-foto bagian dalam pabrik Esemka di Boyolali. Ia menyatakan dirinya sempat masuk ke dalam pabrik perakitan Esemka dan bertemu dengan sejumlah karyawan pabrik.
Pabrik Esemka di Boyolali, Jawa TengahPabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah Foto: Screenshot via Instagram/@fxsuryadi77
Dalam akun pribadinya juga menampilkan foto-foto fasilitas pabrik yang merakit model lain, seperti pikap.
Pikap Esemka salah satu model yang diproduksi di Boyolali, Jawa TengahPikap Esemka salah satu model yang diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah Foto: Screenshot via Instagram/@fxsuryadi77
Suryadi yang dihubungi CNN.Indonesia.com menjelaskan kehadirannya di sana untuk memenuhi undangan Esemka yang saat itu tengah mencari vendor-vendor otomotif untuk dilibatkan dalam produksi Esemka.

"Saya mewakili Politeknik ATMI Surakarta memenuhi undangan saat itu," jelas Suryadi beberapa waktu lalu. (mik)