Google Doodle Tampilkan Kue Pai Demi Rayakan Hari Pi

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 10:35 WIB
Google Doodle Tampilkan Kue Pai Demi Rayakan Hari Pi Google memeringati Hari Pi ke-30 lewat doodle hari ini. (Foto: Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google doodle hari ini menampilkan kue pai yang menggugah selera di laman utamanya. Tampilan kue pai ternyata ada kaitannya dengan upaya Google merayakan hari Pi.

Lantas apa makna di balik perayaan hari Pi yang jatuh pada 14 Maret setiap tahunnya?

Hari Pi didedikasikan untuk konstanta matematika, Pi. Fisikawan Larry Shaw oertama kali merayakan Hari Pi sejak 30 tahun lalu di tahun 1988 sambil mengonsumsi kue pai favoritnya. Nama Pi sepintas terdengar lezat seperti kue pai.


Hari Pi sejatinya merupakan hari perayaan untuk menghormati konstanta matematika, Pi --yang ditandai oleh huruf Yunani "π". Pi mewakili rasio antara keliling lingkaran (perimeter) dengan diameternya (jarak dari sisi ke sisi yang melewati pusat) yakni sekitar 3,14159.

Pi dihitung menjadi lebih dari satu triliun digit di luar titik desimalnya dtanpa pengulangan atau pola. Sifat Pi tak terbatas sehingga kerap digunakan untuk menghitung lebih banyak digit secara komputasi.

Mengutip laman Doodle, Pi juga menjadi elemen fundamental dari banyak bidang matematika dan geometri. Ini menjadi unsur penting dalam formula untuk rumus lingkaran A = πr².

Hari Pi kemudian dirayakan dengan berbagai cara, mulai dari makan kue pai bersama, melempar pai hingga membahas pentingnya jumlah π. Pada 12 Maret 2009, Dewan Perwakilan Rakyat AS mengakui 14 Maret sebagai Hari Pi Nasional. (evn)