Mengenal Sosok Google Doodle Hari Ini, George Peabody

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Jumat, 16/03/2018 10:19 WIB
Mengenal Sosok Google Doodle Hari Ini, George Peabody Foto: Google
Jakarta, CNN Indonesia -- Laman Google hari ini menampilkan mural laki-laki yang dikelilingi anak-anak di depan sebuah gedung. Sosok laki-laki tersebut adalah George Peabody, 'bapak pilantropi modern'.

Lahir dari keluarga miskin di Massachusetts, Inggris pada 18 Februari 1795, Peabody kecil harus merasakan kerasnya kehidupan di era Perang Saudara di AS. Meskipun lahir dari garis keturunan pengusaha, ia terpaksa harus putus sekolah.

Ketika usianya 11 tahun, Peabody memutuskan hijrah ke New York untuk bekerja di sebuah toko dan belajar secara mandiri. Saat itu ia juga banyak menghabiskan waktunya di Perpustakaan Y.M.C.A yang dianggapnya sebagai 'almamater'.


Mengutip laman resmi Google Doodle, tak lama ia meraih sukses di bidang bisnis dan keuangan setelah bergabung dengan sebuah firma investasi.

Di tahun 1827, Peabody sempat mengunjungi London Inggris, salah satu pusat finansial dunia di masa itu. Ia juga mulai menyalurkan modal ke Amerika Serikat dan mendirikan bank yang kemudian menjadi salah satu institusi keuangan terbesar di sana.

Sukses merubah nasib menjadi orang kaya tak lantas membuatnya lupa akan masa lalu ketika masih hidup miskin. Peabody banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas sosial dan politik, terutama fokusnya mempromosikan pendidikan di Amerika Serikat bagian selatan.

Pada 16 Maret 1867, Peabody dianugerahi penghargaan Congressional Gold Medal oleh pemerintah AS setelah ia menyumbangkan uang senilai US$2 juta (setara dengan Rp27 miliar menggunakan kurs saat ini) untuk keperluan pendidikan.

Mural yang diadopsi pada laman Google hari ini merupakan hasil karya relawan dari sekolah dasar George Peabody di San Fransisco. Karya yang sama juga ditemui di dinding kafetaria sekolah yang sama. (evn)