Cara Mendeteksi Letak Tutup Tangki BBM Mobil

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 17/03/2018 20:11 WIB
Cara Mendeteksi Letak Tutup Tangki BBM Mobil Tanda panah pada indikator menunjukkan tutup tangki bensin berada di sebelah kiri. (morgueFile/Irish_Eyes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cukup banyak pengemudi tak tahu di mana letak lubang tangki bensin mobilnya. Kejadian ini sangat merepotkan ketika pengemudi sudah tiba di samping mesin pompa bensin. Mau keluar dan mengecek kondisi sekeliling mobil, tapi malu rasanya.

Sebetulnya tidak perlu panik, posisi tutup tangki bensin mudah dicari posisinya di sisi kanan atau kiri kendaraan.

Caranya, begitu sampai SPBU pengemudi tetap duduk di balik kemudi lalu melihat meter cluster. Di sana ada indikator bensin disertai tanda panah. Pengemudi dapat mengetahui posisi tutup tangki bensin berada tanpa harus keluar dari kendaraan.
"Jadi panah itu untuk mengetahui posisi lubang pengisian BBM," kata Kepala bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta Dolf Valentino kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (17/3).


Tanda panah berukuran kecil itu sendiri dipastikan akan menuntun pengemudi ke mulut tangki bensin yang benar. Biasanya tanda itu terletak di sebelah logo mesin pompa pada panel instrumen.

Jika panah berada di sebelah kiri, mulut tangki bensin di sebelah kiri. Dan begitu juga sebaliknya.
"Terkadang kita tidak hiraukan panah kecil ini sangking asyiknya menikmati mobil baru. Eh malah ditegur sama petugas pengisian karena salah," ucap Dolf.

Tiap mobil memiliki posisi lubang tangki BBM berbeda yang bisa dilihat dari indikator-indikator di depan pengemudi.

"Semua mobil beda-beda ya, bukan tergantung mobilnya. Mau itu sedan atau MPV ya tergantung pabrikan buatnya bagaimana," tutup Dolf. (mik)