Penjualan MPV 'Sejuta Umat' Lesu

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 25/03/2018 09:05 WIB
Penjualan MPV 'Sejuta Umat' Lesu Suasana (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Auto2000 selaku dealer Toyota merasakan penurunan penjualan pada awal tahun 2018.

Customer Satisfaction Development & Marcom Manager Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani mengatakan penurunan penjualan terhitung Januari ke Februari 2018 dari 12.800 unit menjadi 12.009 unit.

"Yang pasti masih turun mirip seperti 2017, Januari lebih tinggi dibanding Februari," kata Tantriani di Jakarta, Jumat (23/3).


Tantri tidak menyebutkan detail model apa saja yang mengalami penurunan dalam periode tersebut, namun paling dirasakan adalah salah satu model andalan Toyota yaitu Avanza.

"Februari kami jual 2.500 unit, kalau Januari ada 2.700 unit," jelas Tantri.
Tantri menolak mengomentari turunnya penjualan Toyota, terutama segmen yang dimasuki mobil 'sejuta umat' Avanza. Bagi Auto2000, penurunan penjualan model Toyota secara keseluruhan bukan karena merek berlogo tiga elips itu kalah bersaing di pasar.

"Belum tentu (karena kompetitor), harus cek data Gaikindo dulu. Karena sejauh ini market share masih dominan Toyota," ucapnya.

Untuk segmen low MPV, Xpander berhasil menjegal laju Avanza selama Februari 2018. Xpander mencapai 7.400 unit, sedangkan Avanza cuma 6.773 unit. Jumlah tersebut naik dari Januari sebanyak 7.079 unit (Xpander), sedangkan Avanza merosot dari 7.543 unit.

Angka itu juga sekaligus mematahkan posisi puncak Avanza selama 14 tahun terakhir yang berhasil direbut Xpander dalam kurun waktu enam bulan.
Inden Yaris Sampai 2 Bulan

Ardian Nur selaku Operation Manager DKI II Auto2000 (wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang, Serang hingga Pandeglang) menjelaskan inden untuk Yaris terbaru mencapai dua bulan.

"Kurang lebih sebulan dua bulan ya, tergantung varian dan warna," kata Ardian.

Ia mengatakan, dari sekian model Yaris yang paling diminati adalah tipe menengah dengan warna citrus (kuning), walau dari mayoritas pemesanan tetap berada pada warna kuning dan hitam.

"Supply warna citrus sedikit, tapi karena eye catching pada segmen anak muda, maka peminat warna ini banyak. Citrus paling 20 persen," ujarnya.
Ia pun berharap untuk model terbaru itu sedikitnya dapat terjual sebanyak 200 unit setiap bulannya, atau naik 50 unit dari Yaris model sebelumnya.

Untuk mendorong penjualan hatchback itu, Auto2000 menggelar acara bernama 'New Yaris Millenials Fest' di kawasan Jakarta Selatan.

"Ini merupakan momen tepat untuk mengenalkan Yaris, terutama untuk para anak muda," kata dia. (mik)