Baru Usia 1 Tahun, Mobil Produksi Terbatas Ditarik

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 03/04/2018 16:57 WIB
Baru Usia 1 Tahun, Mobil Produksi Terbatas Ditarik Pagani Huayra BC cuma berjumlah 20 unit di dunia. (Courtesy of Pagani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pabrikan Pagani harus menarik mobil-mobil super Huayra yang telah dijual di Amerika Serikat pada awal tahun lalu. Recall ini melibatkan unit Huayra coupe dan roadster yang berjumlah 16 unit.

Menurut lembaga keselamatan lalu lintas jalan raya AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), penarikan karena baterai supercar itu tidak bisa menyediakan daya yang cukup untuk menyalakan mesin mobil hingga saat digunakan.

Dijelaskan NHTSA dalam kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko kecelakaan, terutama ketika mesin 12 silinder tiba-tiba mati mendadak pada kecepatan tinggi.
Pagani belum bisa memastikan penyebab masalah itu. Namun pihak perusahaan menjelaskan akan mengganti baterai yang memiliki perangkat lunak baru, dan tidak membenani biaya sepersen pun kepada konsumen.


Huayra coupe dan roadster adalah mobil Italia paling jarang di dunia. Kedua model itu diproduksi terbatas untuk menjaga eksklusivitas produk. Pagani Huayra BC atau coupe cuma berjumlah 20 unit dan Huayra roadster sebanyak 100 unit dengan harga jutaan dolar.

Harga satu unit Huayra BC dijual Rp48 miliar dan model roadster-nya ditaksir Rp44 miliar.
Huayra dibekali dengan mesin 6.000cc twin-turbocharged V12. Khusus roadster, mesinnya diracik sedemikian sempuran agar mampu menyemburkan 789 hp dengan torsi 899 Nm, atau lebih tinggi 15 hp dari model Huayra BC.

Model Huayra versi termurah atau roadster memiliki bobot rata-rata 1.280kg. Untuk mendapat bobot ringan pada mobil balap legal itu, pabrikan harus memperbanyak bahan serat karbon di eksterior dan interior hingga kursi.

Selain itu, para desainer juga memikirkan bagaimana menyajikan suspensi aluminium di keempat titik yang dikaitkan dengan sasis monokok dengan bahan serat karbon seperti dilansir leftlanenews.com. (mik)


BACA JUGA