Tips Membuat Emoji AR Pakai Galaxy S9

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Senin, 09/04/2018 06:45 WIB
Tips Membuat Emoji AR Pakai Galaxy S9 Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia -- Teknologi kecerdasan buatan (AR) membuat pengguna Samsung Galaxy S9 bisa mengirim emoji dalam bentuk foto, video, dan GIF ke pengguna ponsel lain. Sepintas fitur ini sama dengan animoji yang disediakan Apple di iPhone X.

Bedanya, animoji Apple merekam ekspresi wajah pengguna dan mengaplikasikannya ke dalam koleksi emoji yang sudah ada. Sementara Samsung membuatnya jadi GIF avatar.

Pengguna Galaxy S9 bisa mengkostumisasi wajah hingga tampilan fisik. Berikut langkah-langkah dan tips membuat emoji AR agar mirip dengan sang empunya wajah.



1. Rekam wajah

Pembuatan emoji AR bisa menggunakan kamera depan dan belakang. Pilih menu Emoji AR di menu atas aplikasi kamera, kemudian klik kotak biru 'Buat Emoji Saya' di kiri bawah layar kamera.

Ketika kamera menangkap wajah, pastikantak ada aksesori apapun yang menempel seperti kacamata, topi, atau poni rambut. Jika tidak, hasil emoji akan terganggu dengan frame kacamata misalnya. Itu karena nantinya pengguna bisa memilih aksesoris tersebut.

Biarkan kamera merekam wajah 'polos' pengguna, tanpa senyuman, mata yang disipitkan atau ekspresi lainnya. Semakin natural wajah bisa terekam, hasil emoji akan semakin mirip.


2. Tentukan gaya

Langkah berikutnya, pengguna bisa mengkostumisasi gaya. Termasuk menentukan akan menjadi laki-laki atau perempuan dalam sosok emoji bergerak.

Jika memilih opsi pria maka pilihan tampilan itulah yang muncul, mulai dari gaya rambut hingga pakaian. Begitu pula sebaliknya jika memilih emoji sebagai perempuan.

Setelah menentukan gender, pengguna bisa memilih dua jenis wajah termasuk menentukan warna kulit. Kemudian, penggunaa akan bisa melihat pilihan gaya rambut mulai dari keriting, lurus, kuncir kuda, hingga disanggul untuk perempuan. 

Sebagian besar orang yang menjajal fitur ini menemukan gaya rambut mereka. Samsung juga mengatakan mereka tertarik untuk menambah gaya hijab kedepannya.

Selanjutnya, pengguna bisa memilih pakaian seperti seragam, baju sporty hingga formal. Beberapa model frame kacamata berbentuk bulat atau kotak dengan warna hitam, cokelat hingga putih juga bisa dipilih.

Jika sudah menyukai gaya tersebut, pilih OK. Maka 18 GIF emoji akan tercipta secara otomatis. GIF emoji tersebut bisa dikirim melalui aplikasi pesan instan maupun koneksi Bluetooth.


3. Membuat video/ foto emoji

Setelah jadi, pengguna bisa menemukan diri mereka dalam bentuk emoji di menu emoji AR. Ketuk wajah tersebut untuk mulai membuat konten foto dan video.

Agar layar tak hanya dipenuhi wajah, sebaiknya jauhkan sedikit kamera ponsel. Otomatis gaya rambut dan pakaian akan ikut terekam

Pengambilan foto dan video bisa dimulai seperti biasa. Emoji akan mengikuti mimik dan suara pengguna. Suara tersebut juga akan terekam seperti biasa.

Pengguna juga bisa bermain dengan emoji AR lainnya seperti kelinci atau serigala. Ada pula pilihan teks, bingkai dan filter yang bisa digunakan. (evn)