Facebook Akan Beri Kesaksian di Hadapan DPR RI Hari Ini

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 09:18 WIB
Facebook Akan Beri Kesaksian di Hadapan DPR RI Hari Ini Perwakilan Facebook akan memberikan kesaksian di hadapan Komisi I DPR RI, hari ini. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perwakilan Facebook Indonesia akan memberikan kesaksian di hadapan Komisi I DPR RI, Selasa (17/4) pagi. Rapat Dengar Pendapat (RDP) diagendakan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Dalam agenda tersebut, Komisi I DPR RI akan meminta penjelasan soal kebocoran satu juta data pengguna Facebook di Indonesia dari Kepala Kebjiakan Publik Facebook Indonesia dan Vice President of Public Policy Facebook Asia Pasific.

Satya Widya Yudha Wakil Ketua Komisi I menjelaskan dalam kesaksian hari ini, anggota dewan akan meminta penjelesan lengkap soal skandal yang melibatkan Cambridge Analytica itu.

"Rencananya yang akan hadir Regional Vice President yang bertangguna jawab di Asia Pasifik. Kami akan minta penjelasan lengkap dan langkah antisipasi kedepa," ungkapnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (17/4).

Agenda pemanggilan perwakilan Facebook sejatinya dilakukan pekan lalu (11/4). Namun pihak Facebook Indonesia meminta pembahasannya ditunda lantaran bersamaan dengan kesaksian Mark Zuckerberg di hadapan Kongres AS.

Indonesia menjadi salah satu negara yang turut terimbas penyalahgunaan data pengguna Facebook. Sekitar 1,3 persen atau setara dengan 1.096.666 dari 87 juta data pengguna diketahui bocor.

Sebelumnya, perwakilan Facebook Indonesia telah melakukan pertemuan dengan Menkominfo Rudiantara pada Kamis (5/4). Rudiantara meminta Facebook memutus akses ke aplikasi atau fitur personality tes yang berkaitan dengan potensi penyalahgunaan data pengguna asal Indonesia.

Pemerintah juga meminta Facebook segera memberikan hasil audit atas aplikasi dan fitur yang dikembangkan mitra ketiga serta menjamin perlindungan data pribadi penggunanya. (evn)