Pelanggan Bolt Akan Diwajibkan Registrasi Kartu SIM

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 09:42 WIB
Pelanggan Bolt Akan Diwajibkan Registrasi Kartu SIM Ilustrasi. (Foto: Safir Makki/CNNIndonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Dukcapil berkolaborasi untuk mewajibkan registrasi kartu SIM, pengguna modem Bolt bertanya-tanya apakah mereka juga harus mendaftarkan ulang nomor modem mereka.

Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluler Seluruh Indonesia (ATSI) mengungkap bahwa akan ada kepastian bahwa pengguna harus melakukan registrasi. Namun, aturan itu masih dalam pembicaraan.

"Aturan registrasi untuk pelanggan Bolt akan segera diterbitkan," terang Direktur Eksekutif ATSI Sutrisman saat temu media di Kantor ATSI, Kuningan, Jakarta pada Senin (23/4).
Regulasi itu diterbitkan karena menurut Merza Fachys selaku Ketua ATSI sebenarnya modem seperti Bolt memang dimandatkan PM Kominfo untuk diregistrasikan.


"Tapi kemarin ada hal teknis. Bahwa Bolt menggunakan nomor internal sendiri kepada pelanggan. Jadi bukan nomor yang diberikan pemerintah seperti operator lain. Tapi, secara prinsip pelanggan Bolt adalah pelanggan telekomunikasi yang seharusnya terkena kewajiban registrasi," lanjut Merza.

Teknis untuk melakukan registrasi nomor modem ini disebut akan sama dengan daftar ulang kartu SIM. Pengguna modem seperti Bolt harus menggunakan identitas KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga).
Kendati demikian, jangka waktu pendaftaran akan berbeda dengan periode pendaftaran kartu SIM prabayar antara 31 Oktober 2017-1 Mei 2018. Merza mengatakan tak mungkin pemerintah akan menyamakannya dengan registrasi tersebut karena waktunya sudah terlalu mepet.

"Pembahasan (batas waktu) belum sampai sejauh itu, tapi yang jelas berbeda sendiri," pungkas Sutrisman.

Sebelumnya, pengguna modem sempat diminta untuk melakukan registrasi dengan cara yang sama pula pada Desember silam. Registrasi itu juga akan diverifikasi oleh Dukcapil. Bukan hanya itu, sanksi yang diperoleh jika tak mematuhi aturan itu juga sama. (age/age)