Jokowi Hadir Resmikan Ekspor 400 Unit Xpander ke Filipina

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 13:27 WIB
Jokowi Hadir Resmikan Ekspor 400 Unit Xpander ke Filipina Presiden menuturkan dengan bertambahnya aktivitas Mitsubishi saat ini bakal berdampak kepada nilai investasi ke di masa mendatang. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Motors mengumumkan ekspor perdananya Melalui Xpander hari ini Rabu (25/4). Peresmian ini pun dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri terkait.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi langkah yang dilakukan Mitsubishi Indonesia. Menurutnya, dengan bertambahnya aktivitas Mitsubishi saat ini tentu bakal berdampak kepada nilai investasi di masa mendatang.

"Ekspor dan investasi adalah hal yang saya selalu ulang. Karena ini kunci penting untuk kemajuan ekonomi Indonesia," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.


"Kalau mau tumbuh investasi harus banyak banyak begitu juga ekspor. Terutama investasi dan ekspor yang nonsumber daya alam yang dapat memperoleh nilai tambah, misalnya sektor otomotif," lanjut dia.


Sementara itu untuk jumlah perdana yang bakal dikirim hari ini berjumlah 400 unit dengan tujuan Filipina. Sedangkan akhir tahun ditargetkan ekspor bakal mencapai 30 ribu unit.

Selain Filipina, pabrikan Jepang tersebut juga mewacanakan bakal menyasar negara lain di kawasan Asia Tengara seperti Vietnam, Thailand, kemudian masuk ke wilayah Timur Tengah dan Amerika Latin.

"Bahwa ini adalah pertama kalinya perusahaan mengekspor dalam skala besar di Indonesia. Kami berencana akan mengekspor unit lebih banyak lagi di tahun mendatang," ucap CEO Mitsubishi Motors Osamu Matsuko.


Xpander sendiri memiliki beragam varian dengan harga mulai dari Rp194,1 juta dan tertingginya Rp250,4 juta. Menurutnya, harga yang ditawarkan di negara tetangga juga tidak bakal jauh berbeda, termasuk soal spesifikasi.


(asa/asa)