AHM-Panasonic Siapkan Baterai Kendaraan ala 'Tabung Gas'

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 20:07 WIB
AHM-Panasonic Siapkan Baterai Kendaraan ala 'Tabung Gas' Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Honda Motor (AHM) memiliki proyek baru bersama Panasonic di Indonesia. Kedua perusahaan itu mengembangkan teknologi baterai untuk sepeda motor listrik.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto saat ditemui di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4).

Baterai motor listrik yang diteliti oleh kedua perusahan itu bakal lebih mudah digunakan. Jika daya baterai habis, maka pemilik sepeda motor listrik dapat menukarnya tanpa harus melakukan pengisian yang biasanya memakan waktu.


Cara tersebut relatif serupa dengan cara menukar tabung gas Elpiji yang sudah habis ke toko dengan tabung baru.


"Jadi katakanlah nanti di stasiun pengisian listrik atau di pompa bensin ada baterai. Nah nanti orang datang, tinggal tukar. Jadi kaya tabung gas yang tidak perlu nunggu," kata Harjanto.

Selain bersama Panasonic, Astra Honda juga diketahui menggaet Pos Indonesia dalam penelitiannya.

Dia mengatakan para pengantar pos akan dibekali motor PCX berteknologi 'hijau' milik Honda. Namun untuk detail PCX itu Harjanto tak menyebutkannya.

Ramah Lingkungan

Harjanto memaparkan bahwa ada sekitar 200 unit PCX yang disediakan oleh Honda untuk uji cobanya di beberapa kota. Sehingga, pengantar pos bakal menggunakan motor ramah lingkungan Honda.

"Jadi mungkin tahun ini dijalankan. Nanti pengantar surat itu pakai motor listrik ada 200 unit di Jakarta, Bandung, Bali dan beberapa lainnya," ujar dia.


Selain PCX dengan teknologi hybrid di Indonesia, Astra Honda berkeinginan membuat skutik bongsornya itu agar memiliki tenaga murni listrik.

Rencana itu pun sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma dalam perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. (asa)