Tips Otomotif

Memilih Kaca Film Mobil Bagian Depan yang Aman

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 28/04/2018 13:32 WIB
Memilih Kaca Film Mobil Bagian Depan yang Aman Penggunaan kaca film mobil telah diatur dalam SK Menteri Perhubungan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kaca film mobil merupakan aksesori tambahan yang memiliki banyak fungsi mulai dari mengurangi panas akibat terpapar matahari hingga melindungi privasi pengemudi agar tak terlihat dari luar.

Di pasaran tersedia kaca film dengan tingkat kegelapan beragam sesuai keinginan konsumen. Namun khusus kaca bagian depan, pemilik kendaraan harus lebih cermat dalam memilih. Jangan sampai kaca film yang dipasang malah mengganggu pandangan saat berkendara.

Chief Executive Officer Wincos Automotive Films Iwan Udaya menyarankan kaca film paling tepat untuk bagian depan adalah dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen.



"Saran saya seperti itu, jadi tidak terlalu gelap," kata Iwan saat ditemui di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Menurut Iwan, dengan level 40 persen jarak pandangan mata pengemudi di siang hari bakal tetap terjaga, setidaknya dapat melihat minimal sejauh 500 meter ke depan.

Rekomendasi kegelapan kaca film mobil diatur dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.

SK tersebut menjelaskan kaca mobil bisa tembus pandang dari dua arah serta tidak menghalangi pengelihatan penghuni kabin ke daerah luar mobil. Dijelaskan bahwa kaca boleh dilapisi bahan berwarna, asal dapat menembus cahaya dengan persentase tidak kurang dari 70 persen.

Khusus untuk kaca depan dan belakang, persentase penembusan cahaya bisa kurang dari 40 persen, tapi hanya berlaku bagi satu pertiga tinggi kaca secara keseluruhan.
Selanjutnya Iwan mengungkapkan untuk bagian kaca mobil untuk sisi kiri dan kanan, pemilik mobil dapat memilih kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal 80 persen.


"Secara psikologis, penggunaan kaca film akan membuat kabin lebih adem tidak gerah ketika terkena matahari. Lalu itu juga bisa untuk keamanan, jadi yang ada di dalam kabin tidak terlihat dari luar," ujarnya.

Iwan menambahkan kaca film mobil umumnya dipakai untuk jangka waktu panjang. Namun untuk mencapai tahap itu ada syaratnya, yaitu di awal pemasangan dilakukan dengan benar.

"Saat pemasangan pastikan tidak ada gelembung. Nah kalau sudah benar, itu dicuci pakai air saja sudah cukup. Dan lapnya jangan yang bisa menggores kaca filmnya," tutup Iwan.

(mik)