Tips Otomotif

Cegah Bodi Mobil Berjamur

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 29/04/2018 12:52 WIB
Cegah Bodi Mobil Berjamur Teknik coating mampu menjaga kualitas bodi mobil hingga 3 tahun. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjaga kualitas cat bodi mobil agar tetap mengkilap tak harus sering mencuci mobil dan poles bodi.

Untuk menjaganya, pemilik harus ekstra perawatan seperti menggunakan teknik coating agar permukaan bodi tetap dalam kondisi kinclong.

Dengan mengaplikasikan coating (melapisi), eksterior dipastikan menjadi sangat licin. Teknik tersebut diakui lebih baik dari poles dan waxing yang pada umumnya akan bertahan paling lama satu pekan sejak memoles.
"Untuk teknik coating yaitu bahan dari serum safir (sapphire serum) bisa buat bodi mengkilap, tahan gores dalam jangka waktu lama bahkan sampai bertahun-tahun," kata CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian saat ditemui di IIMS 2018, Kemayoran, Jakarta Pusat.


Kondisi itu menurut Christopher, permukaan bodi yang sudah dilapisi akan mempunyai sifat super oleophobic yang tidak mudah tertempel minyak atau kotoran lain.

Selain itu permukaan bodi kendaraan juga akan anti-air lantaran semua jenis cairan menggelinding jatuh seperti air di atas daun talas.
"Permukaan akan selalu bebas dari air dan jamur, tahan terhadap hujan ekstrem dan cuaca panas sampai 700°C dan tahan sampai 1.000x cuci," jelasnya.

Soal harga, harga pemolesan dengan bahan serum safir bervariasi, untuk kendaraan ukuran kompak Rp4,4 juta, medium Rp5,5 juta, luxury car Rp6,1 juta dan mobil premium Rp7,2 juta.

Menariknya, coating tak cuma untuk mobil, melainkan bisa diaplikasikan untuk sepeda motor dengan harga mulai Rp1,3 juta sampai Rp1,8 juta.
"Itu bakal bersifat permanen terhadap permukaan cat kendaraan yang berfungsi melindungi, menahan usia pemakaian, mempermudah perawatan dan meningkatkan nilai jual," tutup Christopher. (mik)