5 Aplikasi Wajib Temani Puasa Sepanjang Ramadan

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Minggu, 20/05/2018 08:59 WIB
5 Aplikasi Wajib Temani Puasa Sepanjang Ramadan Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Umat muslim di seluruh dunia telah menyambut hadirnya Ramadan mulai Kamis (17/5). Bulan yang dimanfaatkan untuk kembali fitri ini sangat berharga dan dinantikan untuk menjalankan amalan.

Dengan berkembangnya teknologi, pengguna ponsel pintar bisa menjalankan amalan di bulan puasa dengan lebih mudah dan menyenangkan. Berikut deretan aplikasi yang bisa dipasang di ponsel Android maupun iOS dan menemani puasa selama bulan Ramadan. 

Muslim Pro


Salat adalah tiang agama utama dalam Islam. Agar tak ketinggalan dalam menjalankan salat, pengguna ponsel bisa menginstal aplikasi Muslim Pro.
Aplikasi tersebut memiliki fitur utama yang termasuk adzan, quran, tasbih untuk menghitung dzikir, kiblat, 99 nama Allah dan kumpulan doa-doa lainnya.

Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga membantu pengguna mengetahui waktu imsak dan berpuasa selama Ramadan. Muslim Pro menulis bahwa aplikasi ini telah diakui oleh lebih dari 5 negara Muslim di seluruh dunia.

Al Quran Indonesia

Aplikasi yang satu ini didesain untuk memudahkan Muslim membaca dan memahami surat-surat Al-Quran. Terdapat terjemahan Bahasa Indonesia sesuai Kemenag RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia serta audio mp3 murottal penuh dari 114 surat atau 30 juz Al-Quran.
Pengguna yang tidak bisa membaca huruf Arab pun disediakan tulisan latin. Penanda bacaan terakhir, bookmark ayat dan membagikan ayat juga dimungkinkan. Kontennya juga bisa dinikmati tanpa internet.

Selain itu, dia juga menyediakan fitur lain seperti kalender hijriah, arah kiblat, kalender dan salat. Pengguna juga disuguhi jadwal imsakiyah dan adzan.

Cookpad

Berbuka dan sahur menjadi momen yang spesial selama Ramadan tentu saja karena sajian yang dihidangkan. Berbagi resep makanan atau sekadar mencari menu yang cocok bisa dilakukan dengan menginstal Cookpad.
Pengguna bisa mempelajari resep-resep yang sedang populer. Pengguna juga bisa mengeksplor menu baru per kategori misalnya, menu sahur, berbuka atau takjil.

Selain makanan Indonesia yang kaya, pengguna juga bisa menelusuri resep-resep internasional. Namun, pengguna baru akan bebas mengeksplor ketika membayar paket berlangganan.

Decision Roulette

Pernah bingung menentukan menu makanan atau tempat ngabuburit. Aplikasi yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu pengguna menentukan pilihan.
Pengguna bisa memasukkan beberapa pilihan dan memberikan warna berbeda. Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan papan bulat yang akan berputar ketika disentuh. Pilihan ditunjukkan oleh segitiga di atas papan tersebut.

Kitabisa - Donasi Zakat Online

Aplikasi ini akan memudahkan penggunanya membayar zakat secara online. Pengguna pun dapat memilih lembaga atau campaign apa yang ingin diberikan donasi. (age/age)