Mudik Pakai Mobil Sewa Jadi Tren Masyarakat

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 21/05/2018 20:17 WIB
Mudik Pakai Mobil Sewa Jadi Tren Masyarakat Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak ada salahnya mudik ke kampung halaman menggunakan mobil sewaan. Cara ini demi menjaga kondisi mobil pribadi.

Chief Operating Officer Trac-Astra Rent a Car (TRAC) Agus Riyadi mengatakan menyewa mobil untuk mudik ke kampung sudah menjadi alternatif masyarakat.

"Pertama kalau pakai mobil sewa, yang mobil pribadinya kilometernya bisa terjaga. Itu mungkin secara personal. Lalu dengan sewa bisa milih tipe kendaraan. Mungkin di rumah adanya sedan, nah ini bisa pilih seven seater," kata Agus di Jakarta beberapa waktu lalu.
Ia menjelaskan perusahaan TRAC menyediakan berbagai mobil sewa yang siap pakai, dan konsumen tidak perlu khawatir dengan kondisi mobil ketika menempuh perjalanan jauh. Sebab usia mobil sewa rata-rata berusia maksimal tiga tahun.


Menurutnya, pihaknya menawarkan beragam kriteria mobil sewa, mulai dari lepas kunci dan kedua menyewa sekaligus dengan sopirnya. Dan mengenai harga yang ditawarkan juga bermacam-macam, tergantung dengan promosi yang disediakan.

"Layanan (lepas kunci) tidak semua bisa kasih. Ini bisa dengan jadi anggota TRAC. Syaratnya lihat di web, minta KTP ada SIM, ada kartu kredit. Kalau untuk dengan driver cukup KTP," ujar dia.
Namun, konsumen yang ingin sewa dengan memakai sopir harus merogoh kocek lebih dalam lantaran biaya per harinya mencapai hampir Rp3 juta. Harga itu biasanya termasuk dengan bahan bakar, biaya tol dan lainnya sesuai paket yang dipilih.

Sementara untuk lepas kunci, harganya jelas lebih murah dan terdapat bonus penambahan waktu sewa.

"Misalnya Avanza paket tujuh hari dari harga Rp5,5 juta jadi Rp3,85 juta, dan Innova dari Rp7,7 juta jadi Rp5,39 juta," tuturnya.
Avanza dan Innova banyak diburu konsumen

Ia pun optimistis bahwa permintaan sewa mobil ada kenaikan 30 persen menjelang lebaran tahun ini, di mana model Avanza dan Innova transmisi manual yang paling banyak dicari konsumen. Peminatnya pun berdatangan dari Jakarta, Surabaya dan Bandung.

"Terutama untuk perjalanan jauh ya. Lalu muatannya juga banyak ya," tutup Agus. (mik)


BACA JUGA