Tips Mudik Lebaran

Cara Sewa Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 22/05/2018 19:16 WIB
Cara Sewa Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran Ilustrasi mudik (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain membeli, saat mudik Lebaran kita juga dapat menggunakan kendaraan sewaan untuk pulang ke kampung halaman. Namun sebelum itu perlu kita simak beberapa tips agar menyewa mobil jadi lebih 'menguntungkan'.

Menurut penuturan Chief Operating Officer Trac-Astra Rent a Car (TRAC) Agus Riyadi, yang pertama harus diperhatikan adalah memastikan tahun kendaraan.

"Pastikan kendaraan yang ditawarkan sesuai. Artinya gini, [misal] saya nyewain Innova. Pastikan [Innova] tahun berapa, jadi lebih spesifik. Oh, saya mau sewa Innova yang tahun 2017, [perlu dicek] yang dianter bener tidak," kata Agus di Jakarta belum lama ini.


Kemudian, ia mengatakan pastikan juga bila tempat penyewaan kendaraan memiliki kontak darurat 24 jam yang bisa dihubungi selama kita melakukan perjalanan. Hal ini bertujuan untuk memberi rasa aman kepada konsumen.

"Lalu jaringan bengkel, emergency terus kantor cabang pastikan ada tidak (ke rute mudik Anda). Karena itu visa berguna saat perjalanan mengalami masalah dan membutuhkan mobil pengganti. Nah, ini bisa cepat ditangani," ujar dia.

Sementara itu ia melanjutkan peminjam juga dapat sedikit bertanya mengenai asuransi dari kendaraan. Itu bisa membuat kita merasa aman karena tidak terlalu khawatir memikirkan ganti rugi semisal ada permasalahan saat berkendara.

Jika beberapa poin tersebut sudah terpenuhi. Kata dia, sebelum menerima kunci peminjam dapat mengecek kendaraan (body kiri, kanan, depan dan belakang). Tidak lupa jajal juga kendaraan untuk meyakini bahwa mobil dalam kondisi sehat.

"Terus pastikan pastikan ketika menerima kendaraan melakukan cek lis, pastikan kiri kanan depan belakang. Di bawa jalan harus test drive," kata Agus. (eks/eks)