Pratinjau Produk

Menjajal Sesaat Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Kamis, 24/05/2018 08:27 WIB
Menjajal Sesaat Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2 Xiaomi Redmi S2. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru sebulan merilis Redmi Note 5, Xiaomi kembali memperkenalkan ponsel baru yakni Redmi S2. Seri S Xiaomi ini mengunggulkan kamera depan miliknya.

Dibanderol seharga Rp2,3 jutaan, ponsel ini diperkenalkan di hari yang sama di Indonesia dengan peluncuran globalnya. CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal kebolehan ponsel tersebut pada Selasa (22/5).

Desain


Xiaomi memang tak terlalu kreatif soal desain. Tak banyak perbedaan antara Redmi S2 dengan Redmi Note 5 yang sebulan lalu diperkenalkan.

Redmi S2 membawa rasio layar 18:9 yang berbentang 5,99 inci. Bezelnya cukup tipis di kanan kiri maupun atas bawah layar.

Bagian belakang perangkat masih membawa dual kamera dengan desain vertikal dan pemindai sidik jari. Tiga tombol utama di muka perangkat juga sudah tak lagi fisik.

Dari pengamatan kami, yang membedakan ponsel ini dengan Redmi Note 5 adalah dimensinya yang terasa lebih ringan. Redmi S2 punya berat 170 gram sementara pendahulunya 180 gram.

Dari segi lebar dan tinggi, Redmi S2 terasa lebih panjang dibanding Note 5. Dimensinya yakni 160,73 x 77,26 x 8,10 mm dibanding 158,50 x 75,45 x 8,05mm. 

Selain itu, hadir pula desain garis menawan di punggung ponsel yang menambah kesan elegan Redmi S2. Paling tidak, garis hitam itulah yang membedakannya dari ponsel Xiaomi yang lain.

Kamera

Menjajal Ponsel Selfie Redmi S2Kamera belakang Xiaomi Redmi S2 (Kustin Ayuwuragil)

Mendapat julukan sebagai seri Redmi terbaik untuk selfie, ponsel anyar ini mengusung kamera kamera depan sebesar 16MP dengan dukungan teknologi pixel binning dan fitur AI Beautify milik Xiaomi.

Dari percobaan kami, kamera depan Redmi S2 bekerja sangat baik di pencahayaan yang cukup. Bahkan, hasilnya melebihi hasil kamera belakang yang didukung dual lensa berkekuatan AI 13MP + 5MP.

Memotret dengan kamera depan membuat siapapun pemantik tombol jepretnya merasa ketagihan. Hasil foto lebih cerah dan jelas, begitu pun dengan foto efek bokeh yang sensitif terhadap muka obyek.

Hasil jepretan foto belakang bisa dibilang lebih natural. Tak akan ada banyak perbedaan dengan obyek asli, barangkali karena tak ada beautification di lensa gandanya.

Namun soal efek bokeh, kemampuan kamera utama itu tak kalah dari ponsel Xiaomi lainnya.

Menjajal Sesaat Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2Foto: CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil

Spesifikasi

Menyoal piranti kerasnya, Redmi S2 yang dibanderol lebih ekonomis dari Redmi Note membawa spesifikasi yang cukup kompetitif. Keduanya membawa bentang layar, resolusi kamera belakang dan prosesor yang sama.

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa keunggulan ponsel ini adalah di kamera depan yang punya resolusi lebih tinggi dari pendahulunya. Dia juga membawa sistem operasi lebih anyar yaitu Android 8.1 Oreo.

Sementara Redmi Note 5 hanya punya kamera selfie 13MP dan membawa Android 8.0 Oreo ketika pertama diperkenalkan.

Tapi, Redmi S2 kalah di sektor daya baterai karena hanya membawa kapasitas 3080mAh dibanding 4000mah di Note 5. Resolusi layarnya juga kurang rapat yakni 720x1440 pixels meski sejatinya tak terlalu berpengaruh pada pengalaman menggunakan ponsel ini.

Kapasitas RAM nya juga lebih compact yakni 3GB dibanding 4GB di Note 5.

Head of Xiaomi South Pacific Region and Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi sebelumnya mengatakan bahwa kedua produk itu tidak akan saling menjadi kanibal bagi lainnya karena memiki keunggulan dan segmentasi harga yang berbeda. (eks/eks)