Road to GIIAS 2018

Honda Bicara Mobil Baru Debut Dunia di GIIAS 2018

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 25/05/2018 10:29 WIB
Honda Bicara Mobil Baru Debut Dunia di GIIAS 2018 Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Honda Prospect Motor (HPM) mencoba menggairahkan pasar otomotif dalam negeri dengan menampilkan mobil baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Kehadirannya di GIIAS merupakan penampilan perdana di dunia.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy yang ditemui wartawan di Jakarta pada Kamis (24/5) malam, masih menutup informasi model baru itu.

Kendati demikian, menurut Jonfis keterlibatan Honda Indonesia cukup besar dalam pengembangan mobil tersebut, tidak seperti sedan city yang dinilai negara Thailand sangat penting dalam menciptakan dan memberikan umpan balik dalam hal desain dan lain-lain.


"Nanti lihat saja di GIIAS, Indonesia berkontribusi cukup besar me-develop mobil itu," jelas Jonfis.
Jika diperhatikan dari tren pasar otomotif nasional, mobil penumpang dengan harga mulai Rp180 juta sampai Rp250 juta cukup besar. Honda diduga akan masuk ke segmen tersebut dengan model barunya.

Sebagai informasi bahwa beberapa bulan terakhir, Honda dikabarkan tengah mengembangkan sport utility vehicle (SUV) terbaru. Produk baru tersebut rumornya akan dibangun menggunakan platform Honda Brio.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Jonfis sempat mengelak dan menyebutkan model barunya menggunakan platform berbeda dari Brio, sementara dana investasi yang dikucurkan untuk membangun mobil tersebut tidak besar.

"Platform berbeda (dari Brio). Investasi untuk mobil baru ada tapi tidak besar-besaran, seperti bangun pabrik baru," ucap Jonfis.
Jonfis sendiri terlihat pesimistis mobil barunya bisa mendongkrak pasar HPM ke angka penjualan wholesales 200 ribu unit pada tahun ini, atau naik dari 186.859 unit pada tahun lalu berdasarkan data Gaikindo.

"Mudah-mudahan," tutup Jonfis. (mik)