Sahur dan 'Ngabuburit' Puncak Berburu Diskonan Online

Ervina Anggraini & RBC, CNN Indonesia | Minggu, 27/05/2018 11:26 WIB
Sahur dan 'Ngabuburit' Puncak Berburu Diskonan Online Sahur dan saat 'ngabuburit' jadi momen favorit berburu diskonan 'online'. (Foto: Thinkstock/Ayo888)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama Ramadan, layanan belanja daring banyak mengiming-imingi diskon dan tawaran menarik untuk konsumennya.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Ahmad Alkatiri mengakui jika ada waktu-waktu tertentu yang menyumbang trafik dan peningkatan transaksi. Menurutnya, ada dua waktu yang banyak dihabiskan untuk membuka situs dan aplikasi e-commerce.

Tanpa menyebut angka pasti, ia mengatakan pengakses dan orang yang berbelanja meningkat signifikan pada saat sahur dan usai tarawih.


"Ada peak-peak baru, yaitu saat sahur dengan peningkatan signifikan baik dari sisi trafik maupun transaksi pemesanan," jelasnya.

"Sebelum buka puasa itu agak turun, kemudian setelah itu naik lagi sampai dengan selesai tarawih."

Sejalan dengan itu, Studi Shopback juga mencatat masyarakat Indonesia banyak mengunjungi platform e-commerce di waktu 'ngabuburit' pukul 16.00 -17.00 WIB sembari menunggu waktu berbuka puasa. 

Pelaku e-commerce pun merespons dengan memberikan promo menarik atau kuis spesial Ramadan yang memberikan voucer belanja hingga ratusan ribu rupiah di jam ngabuburit itu. 

Hal yang sama juga terjadi saat waktu sahur. Beberapa e-commerce menawarkan promo khusus saat sahur, misalnya Tokopedia dengan Promo Sahur serta Shopee dan Lazada yang menyelenggarakan flashsale di setiap sahur.

Merujuk pada data yang dirilis Shopee Indonesia, peningaktan trafik di layanan mereka pada pukul 3.00 - 5.00 pagi. Tak tanggung-tanggung, peningkatan pada jam sahur bisa mencapai lima kali lipat dari biasanya. (evn)