Tips Mudik Lebaran

Cek Pengapian Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 12:03 WIB
Cek Pengapian Mobil Sebelum Mudik Lebaran Pengapian mobil bermasalah akan menurunkan kenikmatan berkendara. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil-mobil keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi sistem pengapian yang canggih.

Fungsi dari sistem pengapian itu sendiri adalah menyediakan percikan bunga api bertegangan tinggi pada busi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.

Pada sektor pengapian kendaraan terdapat beberapa bagian koil, kabel dan busi yang menjadi komponen utama.


Kepala Teknik Plaza Toyota Tendean Adit mengatakan jika salah satunya rusak, maka akan memberi efek samping dan berujung tak optimalnya kinerja mesin kendaraan. Jika mobil dalam kondisi itu hindari berkendara jauh semisal dipaksakan untuk menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman.
"Kalau dipaksakan bisa bahan bakarnya boros," kata Adit kepada CNNIndonesia.com.

Menurut Adit pengapian mobil yang bermasalah umumnya karena busi rusak (mati). Contoh mesin empat silinder dengan satu busi per silinder. Jika satu busi saja rusak maka membebani kinerja tiga silinder lainnya.

Kemudian komponen lain seperti koil lebih awet ketimbang busi meski kerusakan koil juga bisa membuat mesin 'pincang' dan menyebabkan mesin boros bahan bakar.

"Kalau wiring sama koil jarang mati. Jika pun mati, paling mobil yang kilometernya sudah tinggi saja," jelas Adit.
Dikatakan Adit mobil dengan mesin masalah pada bagian pengapian akan menurunkan kenikmatan berkendara. Dan sebaiknya hindari menempuh perjalanan jauh.

"Berkendara jadi kurang nyaman, karena harusnya ditopang empat silinder, ini hanya tiga silinder aja, tarikan pun akan berat. Biasanya diikuti juga dengan lampu engine check (di spidometer) yang ikut menyala," ucap Adit.

Dijelaskan Adit gejala pengapian di mobil bermasalah yaitu munculnya getaran tidak normal pada mesin dan bodi kendaraan. Pengemudi harus lebih peka terhadap kondisi kendaraan.

Namun untuk pemilik mobil keluaran terbaru terbantu dengan lampu check engine yang kerap menyala sebagai tanda ada masalah pada sistem pengapian.
Jika sudah mendapati keanehan segera melakukan pengecekan pada koil, kabel atau busi. Lakukan penggantian jika ada komponen yang rusak.

"Nah kalau untuk kendaraan sekarang sudah komputer. Jadi kalau ada tidak normal di sistem pengapiannya, akan ada lampu check engine yang menyala," tutup Adit. (mik)