Jawaban Wuling Penjualan Confero Tertinggal dari Pesaing

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 14:30 WIB
Jawaban Wuling Penjualan Confero Tertinggal dari Pesaing Interior Wuling Confero. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil pendatang baru asal China, Wuling Motors mencatat penjualan menggembirakan selama lima bulan pertama 2018 dan masuk 10 merek mobil terlaris sepanjang 2018.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling Motors menorehkan penjualan sebanyak 6.981 unit periode Januari - Mei 2018. Low MPV Confero menyumbang terbanyak penjualan wholesales dibanding Cortez.

Namun jika melihat angka penjualan Confero sepanjang tahun ini belum mampu mencapai 1.500 unit setiap bulan. Jika dibandingkan kompetitornya (Avanza, Ertiga, Mobilio, Xpander, Xenia) yang di atas 2.000 unit per bulan, jelas penjualan Confero jauh tertinggal.


Wuling yang merupakan salah satu pabrikan mobil terbesar di China memberikan penjelasan bahwa pencapainya mereka selama ini sudah sangat baik, bahkan diakui lebih baik dari merek yang telah lama hadir di Indonesia.

"Umurnya (Wuling) masih muda sudah menjadi top ten brand di Indonesia. Menurut kami itu merupakan pencapaian yang positif dan cukup senang dengan perkembangan dan pertumbuhan yang cukup pesat untuk Wuling sendiri," kata Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani kepada media di Jakarta, Selasa (6/5) malam.

Dian menjelaskan kehadiran Wuling di Indonesia artinya bukan sekadar membuat konsumen memiliki alternatif berkendara, namun lebih kepada kebutuhan berkendara konsumen. Ini dibuktikan dengan mencatat penjualan wholesales di atas 11.000 unit sejak pertama kali kehadirannya di Indonesia.

"Kalau kita membahas kenapa belum 1.000 unit, sebenarnya sih kalau kami lihat dari bulan ke bulan itu (penjualannya) berkembang. Dari pertama penjualan Confero sama Cortez di januari itu hanya 900-an unit dan sampai di Mei menjadi 1.765 unit," jelas Dian.

"Jadi kami pemain baru, baru launching 10 bulan dan produk pertama di Indonesia, kami melihatnya sebagai sesuatu yang positif, karena dari sisi penjualan naik dari bulan per bulan," ucap Dian.

Wuling Motors masuk ke Indonesia menawarkan model MPV karena inilah segmen penjualan mobil yang paling besar di Tanah Air. Mereka belum ada rencana untuk meramikan segmen SUV dalam negeri.

Sampai akhir 2018, Wuling Motor menargetkan ada 80 dealer melayani konsumen di Indonesia. (adf/mik)


BACA JUGA