Google Gandeng Carrefour, Sediakan Layanan Antar Belanjaan

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 02:45 WIB
Google Gandeng Carrefour, Sediakan Layanan Antar Belanjaan Ilustrasi (Thinkstock/Pixfly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google bekerjasama dengan Carrefour di Perancis untuk menyediakan layanan pengantaran belanjaan. Ini adalah kali pertama peritel skala besar itu akan dipasarkan lewat platform Google.

"Ini adalah kali pertama belanjaan sehari-hari dijual lewat antarmuka Google di Perancis [...] dan pertama kali untuk (pengantaran) makanan segar di dunia," jelas Marie Cheval, Kepala Transformasi Digital Carrefour.

Pengguna di Perancis bisa menikmati layanan pengantaran belanjaan ini lewat Google Assistant yang terpasang di smartphone, Google Home, pada awal 2019.


Namun, Carrefour menolak berkomentar ketika ditanya soal stuktur pembiayaan dari perjanjian ini, seperti dijelaskan Carrefour kepada Bloomberg.

Persaingan bisnis supermarket di Perancis kian memanas lantaran para peritel berlomba untuk meningkatkan penawaran digital mereka kepada konsumen.

Pesaing Carrefour, Casino Guichard Perrachon SA Maret lalu telah mengumumkan bahwa peruisahaannya membuat perjanjian dengan Amazon.

Lewat layanan pengantaran Amazon Prime, pengantaran bisa dilakukan untuk pembeli di wilayah Paris. Sebulan sebelumnya, peritel bahan kebutuhan sehari-hari Leclerc juga memulai layanan pengantaran ke rumah.

"Kesepakatan ini adalah ukuran transformasi Carrefour untuk menjadi pemimpin di e-commerce bahan makanan," tuturnya.

Carrefour juga akan mengadopsi solusi Google lain seperti Gmail untuk lebih dari 160.000 pekerjanya. Sementara Google akan menyediakan pelatihan digital kepada 1.000 pekerja Carrefour untuk membantu mempersiapkan layanan pengantaran belanjaan tersebut.

Selain itu, Google juga akan membuka laboratorium inovasi di Paris. Di laboratorium inilah peritel Perancis itu akan mengandalkan Google Cloud untuk mengetes kecerdasan buatan Google, seperti disebutkan Fortune

Pengiriman bahan makanan segar dan belanjaan lewat kurir secara online sudah tak asing di Indonesia. Layanan ini sudah diberikan oleh beberapa perusahaan digital seperti Go Mart dari Gojek, Happy Fresh, hingga Black Garlic yang menawarkan pengiriman bahan mentah siap masak.

Namun, integrasi pemesanan makanan dengan layan Google Assistant memang bisa jadi adalah yang pertama di dunia. (eks/eks)