Kapal Nautilus Lakukan Ekspedisi Pencarian Pecahan Meteorit

RBC, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 17:54 WIB
Kapal Nautilus Lakukan Ekspedisi Pencarian Pecahan Meteorit Ilustrasi hujan meteor. (Foto: AFP PHOTO / Ye Aung Thu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kapal penelitian bernama Nautilus sedang melaksanakan misi pencarian pecahan-pecahan meteorit yang jatuh di laut dekat kota Ocean Shores, Washington, Amerika Serikat empat bulan yang lalu. Pada 7 Maret 2018, warga Ocean Shores dikejutkan dengan sebuah cahaya yang melintas di langit, kemudian disusul dengan suara dentuman yang keras.

Awalnya, penduduk mengira itu merupakan sebuah kapal luar angkasa. Namun, kemudian seorang Kurator Debu Kosmik NASA, Marc Fries menyatakan bahwa itu adalah sebuah meteorit.

Meteorit tersebut kira-kira berukuran sebesar lapangan golf yang kemudian pecah dan jatuh di laut, kira-kira berjarak 26 kilometer dari garis pantai. Ada sekitar dua ton bongkahan yang diperkirakan tersebar di dasar laut.
Pecahan-pecahan meteorit diperkirakan berada di dekat sebuah tebing dasar laut dengan kedalaman sekitar 120 meter. Area tersebut memiliki permukaan yang datar, sehingga bongkahan meteorit akan lebih mudah ditemukan.


"Ini adalah meteor terbesar yang diketahui jatuh di Amerika Serikat selama 21 tahun terakhir," ujar Marc, seperti dilansir dari Digital Trends.

Ketika itu, kapal Nautilus berada tak jauh dari lokasi kejadian, dan Nautilus memiliki sejumlah perangkat canggih yang dapat mendukung pencarian pecahan meteorit tersebut untuk studi lebih lanjut. Bersama dengan para peneliti dari University of Washington, lembaga Olympic Coast National Marine Sanctuary, dan NASA, Nautilus akan menggunakan kapal-kapal selam yang dikendalikan dengan remote untuk mengumpulkan pecahan meteorit.

Seluruh pecahan yang ditemukan akan diberikan untuk menambah koleksi penelitian di Smithsonian Institution di Washington, D.C. Nautilus sendiri adalah kapal milik sebuah organisasi non-profit, Ocean Exploration Trust (OET). OET adalah organisasi yang sebelumnya telah menemukan bangkai kapal Titanic.

Video ekspedisi Nautilus dalam mencari bongkahan meteorit ini dapat disaksikan secara langsug melalui situs www.nautiluslive.org, pada tanggal 2 Juli pukul 23.00 WIB dan 3 Juli pukul 6.00 WIB.

[Gambas:Youtube] (age/age)