Tik Tok Buka Jalur Khusus untuk Kominfo

RBC, CNN Indonesia | Selasa, 10/07/2018 21:15 WIB
Tik Tok Buka Jalur Khusus untuk Kominfo Aplikasi Tik Tok (Diolah dari Istockphoto/Elena Feodrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tik Tok membuka jalur khusus untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) agar laporan dari pemerintah bisa segera ditindak lanjuti.

"Sudah membuat jalur khusus, jadi sudah ada koneksi government channel. Kalau kita ada komplain gitu langsung lewat email, jadi tidak lewat customer care-nya lagi," jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan saat ditemui pada konferensi pers di Gedung Kominfo, Selasa (10/7).

Jalur khusus pemerintah ini juga yang disediakan oleh berbagai layanan platform lain seperti Facebook, YouTube, Twitter, dan lainnya.


"Jadi tidak menunggu," tegasnya.

Selain itu, Semuel juga menyebut bahwa layanan tersebut tengah mengurus terkait masalah kantor lokalnya di Indonesia.

"Mereka juga sedang mengurus PT Indonesia-nya, ternyata mereka juga pemilik saham salah satu media di sini," jelas Semuel.

Sebelumnya, dalam konferensi pers usai Tik Tok menemui Kominfo, perusahaan asal China itu mengaku di Indonesia bernaung bersama Mainspring Technology di bawah bendera Bytedance Technology.

Kantor bersama tersebut disebut Tik Tok digunakan untuk sebagai kantor untuk moderasi konten. Namun atas permintaan Kominfo, mereka berjanji untuk membuat kantor perwakilan Tik Tok yang berdiri sendiri.

Mainspring Technology sendiri adalah salah satu anak perusahaan Bytedance Technology. Mainspring mengembangkan aplikasi Babe (aplikasi kurasi konten Baca Berita) dan beberapa layanan lain. (eks/eks)