40 Kendaraan Baru akan Hadir di GIIAS 2018

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 14:35 WIB
40 Kendaraan Baru akan Hadir di GIIAS 2018 40 kendaraan baru akan diluncurkan di GIIAS 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan berlangsung mulai 2-12 Agustus 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Pameran otomotif selama 10 hari itu menandai berkembangnya industri otomotif dalam negeri.

GIIAS 2018 akan banyak kejutan dari masing-masing agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia.

Ketua penyelenggara GIIAS 2018 sekaligus Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah mengatakan sebanyak 40 kendaraan baru baik roda dua, empat atau lebih hingga kendaraan konsep yang terkonfirmasi bakal meluncur selama berlangsungnya pameran.


Astra Daihatsu Motor (ADM) yang diketahui bakal menampilkan mobil konsep, tiga kendaraan spesial edisi dan dua mobil model Jepang. Honda Prospect Motor (HPM) akan meluncurkan produk baru untuk pertama kali di dunia.
Mitsubishi khusus kendaraan penumpang yang berjanji akan membawa konsep E-Evolution dan kejutan melalui Xpander. Kemudian terdapat juga Nissan Motor Indonesia (NMI) yang akan meluncurkan SUV Terra pesaing Fortuner dan Pajero Sport.

Tidak sedikit di antara produsen yang merupakan peserta pameran masih merahasiakan aktivitasnya selama GIIAS 2018. Tercatat ada puluhan brand yang ikut pameran, di antaranya adalah Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW dan Wuling.

Segmen kendaraan komersial akan dihadiri oleh FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks. Sementara untuk merek roda dua diramaikan merek Benelli, BMW Motorrad, Harley-Davidson, Astra Honda Motor, Kawasaki, KTM, Nodzomi, Piaggio, Suzuki, Viar, dan Yamaha.

Peluncuran mobil desa dan Euro 4

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi mengungkapkan bahwa pagelaran tersebut dibuat sebagai ajang memberi informasi terkini pada masyarakat, khususnya untuk industri otomotif nasional dan internasional.

Selain itu menurut dia pagelaran kali ini menjadi momen deklarasi Indonesia memasuki era kendaraan penumpang Euro 4 dan peluncuran mobil desa atau Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes).

"Kedua momen tersebut memberikan kebanggan tersendiri bagi Gaikindo," jelas Nangoi di Kawasan SCBD, Jakarta. (mik)